News

Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren

Berbeda dengan gula jawa

Sahabat pasti kenal gula aren, tetapi sudah tahukah sahabat manfaatnya? Memiliki warna cokelat gelap dan rasa manis yang pekat, gula aren cukup bersahabat dengan lidah hampir semua kalangan masyarakat, gula aren kerap disamakan dengan gula jawa. Padahal, kedua jenis gula ini sangatlah berbeda. Inilah Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren.

Sama seperti gula pasir, gula jawa juga terbuat dari tebu. Sementara gula aren terbuat dari nira atau cairan sari pati kelapa. Selain pada bahan dan cara pembuatannya, perbedaan yang signifikan antara gula aren dan gula jawa terletak pada kandungan nutrisinya. Gula jawa tidak mengandung nutrisi penting, sedangkan gula aren memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Nutrisi dalam gula aren

Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren

Nutrisi yang terkandung dalam gula aren antara lain zinc, zat besi, serat inulin, dan magnesium. Gula aren juga memiliki kalori, lemak, dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir. Meski demikian, nutrisi tersebut hanya tersedia dalam kadar yang kecil. Sementara nutrisi dalam gula aren yang manfaatnya telah terbukti adalah kalium, Vitamin C, Zat besi, dan lainnya sebagai berikut :

  1.       Kalium

Salah satu penelitian menemukan bahwa kekurangan asupan kalium dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dalam tubuh. Maka dari itu, untuk mencegah batu ginjal, cukupilah kebutuhan kalium harian anda dengan pilihan makanan tepat yang punya cukup tinggi kandungan kalium seperti gula aren ini contohnya. Karena, rekomendasi asupan kalium untuk orang dewasa per hari adalah sekitar 4.500-4.700 mg. 

  1.       Vitamin C

Dalam gula aren terdapat kandungan vitamin C. Kandungan ini dapat bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam gula aren juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. 

  1.       Zat besi

Kandungan zat besi dalam gula aren dapat mencegah anemia. Sebab, zat besi berperan penting dalam peningkatan produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah dan menangani anemia. 

  1.       Serat

Karena gula aren terbuat dari nira atau sari pati kelapa, gula aren mengandung serat yang baik bagi tubuh. Serat ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dan juga memperlancar sistem pencernaan.

Gula aren baik untuk diet

Bagi Sahabat yang ingin menurunkan berat badan, dan tetap ingin menyantap makanan dan minuman manis. Gula aren adalah solusi yang tepat. Sebab, gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula lain. Ramuan yang baik untuk program diet adalah paduan lemon atau jeruk nipis, dengan gula aren.

Baca Juga : Inilah Manfaat Temulawak

Gula aren memiliki kadar potasium yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan metabolisme. Hingga dapat membakar lemak secara teratur. Selain itu, gula aren dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga Sahabat dapat melakukan detox.

Jangan terlalu banyak konsumsi gula

Sahabat, meskipun memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dan dianggap lebih sehat dibandingkan gula biasa, bukan berarti gula aren dapat dikonsumsi berlebihan.Hal ini karena gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang tinggi. Kedua zat ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan resiko menderita diabetes, gangguan ginjal, bahkan penyakit jantung.

Sahabat, Itulah Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren, Yuk kita ambil manfaat dari gula aren. Tapi jangan terlalu berlebihan ya…

Share it on