Griya Yatim & Dhuafa

Orang yang Dekat dengan Rasulullah

Rasulullah merupakan seseorang yang telah membawa manusia dari masa jahiliyah ke masa islamiyyah. Rasulullah merupakan seseorang yang dicintai oleh Allah dan seluruh umatnya. Jarak antara kita dengan Rasulullah begitu jauh, tidak hanya jarak namun juga waktu. Namun jangan bersedih, karena di akhirat kelak kita memiliki kesempatan untuk berada dekat Rasulullah.

Terdapat 3 orang yang dapat berada dekat dengan beliau di akhirat nanti. Antara lain :

  1.       Orang yang senantiasa bershalawat kepada Rasulullah

Orang yang benar-benar mencintai Rasulullah adalah orang-orang yang senantiasa bershalawat kepada Rasulullah. Bahkan Allah bershalawat terhadap beliau, Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab : 56).

Beshalawat kepada Rasulullah akan membuat dirinya menjadi dekat dengan Rasulullah, Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling terdekat (utama) kepadaku nanti pada hari kiamat adalah siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi).

Orang yang Dekat dengan Rasulullah

Bershalawat kepada Rasulullah juga merupakan suatu amalan yang dapat menghapus keburukan dalam diri kita. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa dari umatku yang membaca shalawat padaku satu shalawat dengan penuh ikhlas dari lubuk hatinya, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh shalawat dan mengangkatnya sepuluh derajat serta Allah menuliskan sepuluh kebaikan dan menghapus sepuluh keburukan.”  (HR. Bukhari).

Oleh karena itu, orang yang tidak mau bershalawat ketika mendengar nama Rasulullah adalah orang yang paling bakhil. Rasulullah bersabda : “Yang benar-benar bakhil adalah orang yang ketika disebut namaku di hadapannya, ia tidak mengucap shalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

  1.       Orang yang menyayangi anak yatim

Orang yang menyayangi anak yatim, akan Allah berikan ganjaran surga baginya. Rasulullah bersabda : “Siapa yang mengangkat anak yatim dari dua muslim (bapak dan ibunya) untuk ikut makan dan minum bersama, maka Allah langsung memasukkannya kedalam surga kecuali jika dia melakukan kesalahan yang tidak dimaafkan.” (HR. Tirmidzi).

Orang yang menyayangi anak yatim juga akan ditempatkan di tempat yang sangat dekat dengan Rasulullah. Rasulullah bersabda : “Aku dan orang-orang yang mengurus anak yatim di surga bagaikan ini, (beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengahnya lalu merenggangkannya.” (HR. Bukhari).

Yuk sahabat, jangan enggan untuk membantu anak yatim karena begitu dahsyat keistimewaan orang-orang yang menyayangi anak-anak yatim. Dengan ikut berdonasi di donasiberkah.id (program anak yatim), InsyaaAllah kita termasuk orang-orang yang berada dekat dengan Rasulullah di akhirat nanti.

  1.       Seorang Penguasa yang adil

Seorang penguasa yang adil, bukan hanya dekat di hati rakyatnya tapi juga akan mendapatkan tempat yang dekat dengan Allah. Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya hamba yang paling dicintai Allah ta’ala pada hari kiamat dan tempat duduk mereka dekat denganNya, adalah imam (pemimpin) yang adil.” (HR. Tirmidzi). Mereka yang duduk dekat dengan Allah, maka berada dekat dengan Rasulullah.

Baca Juga : Inilah Lima Nasihat Rasulullah

Seorang pemimpin yang adil akan mendapatkan sebuah naungan di akhirat kelak, dimana matahari jaraknya hanya sejengkal saja. Rasulullah bersabda : “Ada tujuh golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah : …(salah satunya) pemimpin yang adil.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bila pemimpin berlaku tidak adil, hingga membuat rakyatnya menderita atas kezalimannya. Maka Allah mengharamkan surga atas mereka, Rasulullah bersabda : “Tidak ada seorang hamba pun yang oleh Allah diserahi memimpin rakyat, mati pada hari ia mati dalam keadaan membodohi rakyatnya, meliankan Allah mengharamkan surga atasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat, itulah 3 orang yang akan berada dekat dengan Rasulullah di akhirat kelak. Semoga kita dikumpulkan bersama orang-orang yang berada dekat dengan Rasulullah. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top