Griya Yatim & Dhuafa

Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang

Griya Yatim Dhuafa
Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang
                      Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang

Donasiberkah.id – Sahabat dermawan, sedekah di dalam Islam mempunyai arti yakni secara spiritual dan sosial. Secara spiritual sedekah memiliki arti yakni mendekatkan diri kepada Allah, sedangkan sosialmemperat tali silaturahim sesama manusia. Pahala sedekah yang akan kita rasakan  walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya hingga menjadi besar.

Sebagaiamana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembang kan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembang kan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. Tirmidzi”).

Baca Juga : Sedekah Penambah Pahala dan Penghapus Dosa

Sahabat, maukah sedekah yang kita lakukan meski hanya sedikit, akan tetapi bernilai di mata Allah sebesar bukit, gunung, atau bahkan lebih besar lagi dari semua itu? Tentunya kita selalu mengharapkan yang demikian, sebab hal tersebut yang selalu diharapkan oleh manusia. Mengeluarkan harta yang sedikit namun menghasilkan berlipat-lipat, tanpa ada rugi.

Jika demikian, maka kita harus memperhatikan dari apa yang kita sedekahkan, beberapa hal berikut ini:

Sedekah Dari Harta Yang Halal

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membersarkannya sebagaimana Dia membesarkan anak kuda atau anak betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.” (HR. Bukhari & Muslim).

Maka sudah jelas di alam hadits tersebut, bahwa Allah Ta’ala akan menerima sedekah seseorang dari harta yang halal. Sebagaimana Allah tidak akan menerima sedekah dari harta yang haram.

Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang
Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram).” (HR. Muslim).

Sedekah Yang Terus-Menerus

Kak, selain dari harta yang halal, cara yang berikutnya adalah sedekah yang dilakukan harus terus menerus, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah dalam melakukan amalan sedekah. “Rasulullah tidak mengkhusus kan waktu tertentu untuk beramal. Amalan beliau adalah amalan yang kontinyu (terus-menerus).” (HR. Bukhari & Muslim). Selain itu Allah juga mencintai amalan tersebut yang terus menerus.

Baca Juga : Sedekah Menghapus Dosa

Sedekah Disaat Sulit

Sedekah menjadi besar nilainya meski hanya sedikit yang kita keluarkan, ketika kita lakukan dalam keadaan sulit dan disaat serba kekurangan.

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya sedekah mana yang lebih afdhol. Rasul menjawab “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An-Nasai).

Baca Juga : Nikmatnya Bersedekah

Itulah amalan yang hendaknya kita lakukan ketika kita menginginkan amalan sedekah terus berkembang seperti gunung atau pun bukit. Yuk kita tunaikan sedekah secara kontinyu di link kebaikan di bawah  ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
202 views