News

Panduan Cemilan Sehat Untuk Anak

Pentingnya asupan gizi bagi anak

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat dan pintar. Maka untuk mencapai tujuan tersebut, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dengan asupan-asupan gizi yang bernutrisi. Inilah Panduan Cemilan Sehat Untuk Anak.

Inilah beberapa tujuan dari pemenuhan gizi si anak :

  1.       Meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan yang bernutrisi dan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh si anak. Sebab, gizi-gizi yang baik itu dapat memberikan asupan bagi sel-sel tubuh. Sehingga tubuh akan memiliki sistem kekebalan yang dapat melindungi tubuh dari paparan kuman, virus dan lainnya. Jadi, tubuh si anak tidak mudah terjangkit penyakit.

  1.       Menjaga kesehatan

Karena gizi-gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Maka akan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh yang meningkat, maka kesehatan si anak pun terjaga. Selain itu, pemenuhan asupan gizi anak juga dapat meningkatkan daya pemulihan tubuh, sehingga masalah-masalah kecil dalam tubuh cepat teratasi sebelum menjadi penyakit. 

  1.       Sumber energi

Anak-anak itu harus diberikan asupan gizi yang baik. Sebab, anak-anak itu cenderung lebih aktif dan banyak bergerak. Oleh karena itu, asupan gizi yang baik ini berperan sebagai sumber energi. Agar si anak tidak lesu dan terus bersemangat.

Makanan utama itu belum cukup

Panduan Cemilan Sehat Untuk Anak

Kebanyakan anak-anak itu susah untuk makan. Ada juga anak-anak yang lebih suka makanan cepat saji dibandingkan dengan makanan yang sehat. Maka untuk menghindari kurangnya asupan gizi anak, kita tidak bisa hanya membiarkan hal-hal tersebut.

Sahabat, selain asupan sehat dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Banyaknya kegiatan anak, mulai dari sekolah hingga bermain, membuat ia membutuhkan porsi makanan yang cukup. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan agar memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka dalam menjalani aktifitas yang padat.

Cemilan sehat juga merupakan solusi bagi anak yang susah makan. Dan cemilan itu lebih menarik, sehingga anak tertarik dan mau untuk memakannya. Dengan cemilan-cemilan sehat juga kita dapat menggantikan posisi cemilan yang tidak sehat, dan tentunya tidak kalah dalam soal rasa.

Paduan cemilan sehat untuk anak

Lalu cemilan sehat untuk anak seperti apa ya, Sahabat?

Buatlah makanan ringan yang menyediakan karbohidrat, protein, serat, dan lemak sehat, dengan kandungan gula dan garam yang rendah. Makanan kaya protein atau serat sendiri baik untuk anak-anak, karena dapat membantu mereka merasa kenyang lebih lama. Akan lebih baik jika cemilan tersebut diperkaya dengan aneka nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Buatlah mengemil menjadi kegiatan yang menyenangkan, bentuk yang menarik dari makanan ringan untuk anak tentu saja akan lebih menarik bagi mereka. Misal : membuat wajah lucu dalam puding atau buah. Kemudian buatlah sesekali cemilan manis yang menyehatkan dengan menyajikan puding rendah lemak, yoghurt, atau buah.

Baca Juga : Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal

Ada banyak jenis buah dan sayur yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak-anak, seperti : nanas, mangga, dan paprika merah, atau kuning. Campuran dari beberapa buah dan sayur tersebut mungkin akan lebih menarik bagi anak-anak. Baiknya, sertakan juga anak dalam prosesnya, misalnya dengan membuat jadwal cemilan bersama.

Anak-anak itu suka dengan makanan manis, maka buatlah cemilan yang rasanya manis. Namun hal ini perlu diperhatikan, Pasalnya, makanan dan minuman yang kelewat manis, asin, dan berlemak dapat meningkatkan risiko serangan penyakit kronis di kemudian hari. Berbagai penyakit ini misalnya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan lain sebagainya.

Sahabat, Inilah Panduan Cemilan Sehat Untuk Anak, maka itulah hal-hal yang perlu kita ketahui untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Jangan sampai anak-anak kita kekurangan asupan gizi. Tidak masalah untuk kita sedikit repot untuk menyiapkan cemilan yang bergizi. Sebab jika nutrisi si anak tidak terpenuhi, hal itu akan menimbulkan masalah yang lebih merepotkan.

Share it on