Griya Yatim & Dhuafa

Pekerjaan Yang Dibenci Allah SWT 

Pekerjaan Yang Dibenci Allah SWT
                                             Pekerjaan Yang Dibenci Allah SWT

Donasiberkah.org –  Sahabat dermawan, Ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban manusia selain berdoa dan berikhtiar. Yaitu berusaha atau bekerja untuk memperoleh rezeki yang halal. Karena dalam melakukan pekerjaan untuk mencari rejeki haruslah sesuai tuntunan dan syariat Islam. Yaitu menjauhi dari hal-hal yang haram dan mencari dari yang halal-halal saja. Namun di zaman sekarang masih banyak orang yang rela melakukan pekerjaan apapun asalkan dapat memenuhi kebutuhannya. Maka inilah artikel tentang pekerjaan yang dibenci Allah SWT. 

Dalam ajaran agama Islam, apabila kita melakukan pekerjaan yang halal meski hasilnya sedikit, rejeki yang didapat akan sangat memberi keberkahan. Sesugguhnya umat Islam diperintahkan untuk menghindari sebisa mungkin jenis pekerjaan yang bisa menjerumuskan diri ke dalam kemaksiatan dan dosa yaitu : 

Baca Juga : Ujian Tanda Cinta Allah Kepada Hamba-Nya

Pekerjaan Yang Berupa Kesyirikan dan Sihir

Syirik adalah dosa yang paling besar dalam ajaran agama Islam karena syirik adalah menyekutukan Allah dengan sesuatu. Jenis pekerjaan yang termasuk syirik adalah praktek perdukunan dan paranormal. Termasuk di dalamnya orang yang menawarkan memasang susuk.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa mengambil sepotong dari ilmu nujum (ramalan perbintangan), maka berarti dia mengambil sepotong dari ilmu sihir. Bertambah ilmu nujumnya, bertambah pula sihirnya.” (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah)

Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni (dosa) lainya bagi siapa saja yang Ia kehendaki, barang siapa berbuat syirik maka ia telah berbuat dosa besar” (QS. An-Nisa :48)

Seseorang yang membuat patung atau lukisan dengan sempurna. Dan gambar yang dibuat adalah makhluk yang bernyawa. Maka hal ini juga termasuk pekerjaan syirik karena secara tidak langsung orang tersebut menandingi kekuasaan Allah sebagai pencipta. Akan tetapi, jika patung atau lukisan dibuat untuk kemaslahatan bisa dikatakan tidak haram. Misalnya untuk pendidikan dan kesehatan. Namun akan menjadi haram mutlak jika lukisan atau patung dibuat untuk dikagumi berlebihan.

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama di sisi Allah

Memperjual Belikan Barang Haram 

Sebagai pedagang yang tidak baik, ia akan berbuat dosa jika yang dijual adalah barang-barang haram seperti daging anjing, minuman keras dan lain-lain.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika turun ayat-ayat akhir surat Al Baqarah (tentang haramnya khamr) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar lantas bersabda : “Perdagangan khamr telah diharamkan” (HR. Bukhari no.2226)

Dari Abu juhaifa berkata : “Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam Melarang hasil penjualan darah, hasil penjualan anjing, dan upa dari budak wanita (yang berzina) beliau juga melaknat orang yang mentato dan yang meminta ditato, memakan riba(rentenir) dan yang menyerahkannya(nasabah), begitu pula tukang gambar (makhluk yang memiliki ruh).” (HR. Bukhari no.2238)

Pedagang Yang Tidak Jujur

Pedagang yang melakukan pekerjaan yang tidak jujur sangat dibenci Allah. Misalnya pedagang yang suka mengurangi takaran atau timbangan agar mendapat keuntungan yang banyak.

Baca Juga : Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Allah berfirman : “Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang). (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan. dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi.” (QS. Al-Muthaffifin :13)

Pedagang Yang Suka Menimbun Barang Dagangan

Pekerjaan yang seringkali dilakukan oleh pedagang adalah dengan menimbun barang saat harganya murah dan menjualnya kembali saat harganya melonjak naik.

Dari Umar bin Khattab radhiyallahu anhu ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menimbun bahan makanan yang dibutuhkan oleh kaum muslimin, Allah Subhanahu wa ta’ala akan menimpakan penyakit lepra dan kebangkrutan kepadanya.”

Pemakan Harta Anak Yatim

Pekerjaan ini maksudnya adalah jika ada lembaga atau orang-orang yang pekerjaannya mengumpulkan donasi untuk orang miskin atau anak yatim. Namun hasilnya justru digunakan sendiri. Orang yang pekerjaannya memakan harta anak yatim akan mendapatkan ganjaran neraka dari Allah.

Allah Berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An-nisa : 10)

Baca Juga : Pekerjaan Yang Allah Cintai 

Yuk, Kita Jauhi Pekerjaan Yang Mendatangkan Kemurkaan Allah

Demikian inilah pekerjaan yang dibenci oleh Allah yang perlu kita ketahui dan hindari. Dengan memahami dan menghindarinya. Maka insya allah kita akan senantiasa mendapat ridho dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, kita berharap semoga kita senantiasa dapat menjadi lebih baik lagi dan semoga kita semua dapat terhindar dari perbuatan yang dibenci oleh Allah subhanahau wa ta’ala.

Yuk, sahabat dermawan kita tingkatkan amal ibadah kita, salah satunya dengan berbagi kebahagiaan dengan para anak yatim & dhuafa. Dengan berdonasi melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top