Griya Yatim & Dhuafa

Pemanasan Sebelum Berolahraga Yang Dilakukan Anak Asuh Kemanggisan

Donasiberkah – Kak, sangatlah penting pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga. Agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan pada saat berolahraga. Nah, itulah yang sedang dilakukan oleh adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim dan Dhuafa cabang Kemanggisan, sebelum mulai bermain badminton. Inilah artikel tentang pemanasan sebelum berolahraga yang dilakukan anak asuh kemanggisan, yuk kita simak.

Pentingnya Pemanasan

Kak, apakah harus segitunya sebelum melakukan aktivitas olahraga? Ketahuilah bahwa pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Namun tidak sedikit orang yang sering mengabaikan hal tersebut.

Nah Kak, tujuan dari melakukan pemanasan yang anak-anak yatim lakukan sebelum olahraga adalah agar tubuh tidak tegang (kaget) pada saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Nah, coba kita bayangkan, otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk berlari kencang. Hal ini dapat mendatangkan risiko cedera yang ringan bahkan bisa fatal akibatnya.

Baca Juga : Serunya Anak yatim Berolahraga Badminton

Oleh karenanya, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu setidaknya selama 10-15 menit sebelum melakukan olahraga. Nah, dari pemanasan yang kita lakukan ternyata dapat memberikan banyak sekali manfaat, sebagai berikut :

  • Dapat Mencegah Cedera Yang Tidak Diinginkan

Kak, pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga dapat membuat otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku lagi. Sehingga ketika melakukan gerakan-gerakan olahraga yang cukup berat maupun yang ekstrem, contohnya seperti mengangkat barbel atau melakukan hal-hal yang ekstrem kamu terhindar dari potensi cedera yang tidak diinginkan.

Pemanasan Sebelum Berolahraga Yang Dilakukan Anak Asuh Kemanggisan
  Pemanasan Sebelum Berolahraga Yang Dilakukan Anak Asuh Kemanggisan

  • Memperlancar Peredaran Darah

Pemanasan yang dilakukan secara bertahap sebelum melakukan olahraga dapat meningkatkan sistem kardiovaskular. Dengan meningkatnya suhu tubuh serta meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Ketika aliran darah menjadi lebih lancar, maka suplai oksigen tersebar dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan performa dalam beraktifitas.

  • Menjaga Kesehatan Tulang Dan Persendian

Kak, selain dari pada mencegah kram pada otot, pemanasan dapat menjaga tulang dan persendian agar terhindar dari resiko cedera saat berolahraga. Kegiatan ini membantu meningkatkan cairan yang melumasi persendian, sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel.

  • Meningkatkan Mental dan Fokus

Kak, ternyata pemanasan yang kita lakukan sebelum olahraga baik untuk meningkatkan kondisi mental dan juga fokus. Nah agar dapat berolahraga secara maksimal, sehingga meningkatkan teknik dan keterampilan. Pemanasan dapat membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan juga tenang. Kondisi yang rileks membuat mental dan fokus lebih baik dan terjaga.

Baca Juga : Anak Asuh Produktif Lakukan Olahraga Pagi

Kegiatan olahraga dapat mengakibatkan risiko ringan sampai serius pada tubuh. Jadi, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk mencegah cedera dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Terima kasih untuk kakak yang tidak pernah bosan untuk membersamai kami dalam merawat, membahagiakan dan juga memberikan sebagian hartanya untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Semoga Allah limpahkan rezeki yang berkah untuk kakak. Aamiin. Yuk kak terus bantu kami untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak yatim dan dhuafa.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top