News

Pengertian Zakat, Hukum Membayar dan Keutamaannya

Pengertian Zakat hukum membayara dan keutamaanya

Donasiberkah.id – Kak, zakat merupakan bentuk amalan ibadah seperti hal yang lainnya, yang telah diatur berdasarkan Al-Quran dan sunnah. Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang keempat dan menjadi salah satu unsur terpenting dalam syariat Islam. Maka kita perlu paham tentang zakat, berikut ini adalah artikel tentang pengertian zakat, hukum membayar dan keutamaanya, yuk kita simak biar paham kak.

Apa Itu Zakat ?

Pengertian Zakat dalam segi istilah yakni sesuatu harta yang wajib untuk dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam yang di berikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Sedangkan zakat dari segi bahasa berarti : “bersih, suci, subur, berkembang.” Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS. At-Taubah : 103)

Hukum Membayar Zakat

Sahabat, zakat merupakan bentuk amalan ibadah seperti hal yang lainnya, yang telah diatur berdasarkan Al-Quran dan sunnah. Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang keempat dan menjadi salah satu unsur terpenting didalam syariat Islam. Karena itu, hukum menunaikan zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi atau mencapai syarat-syarat dalam zakat tersebut.

Pengertian Zakat Hukum Membayar Dan Keutamaannya

                            Pengertian Zakat Hukum Membayar Dan Keutamaannya

Sahabat, selain ibadah yang diwajibkan, zakat juga merupakan sebuah kegiatan amal sosial dan kemanusian yang dapat membantu dan meringankan beban mereka yang membutuhkan. Dalam menunaikan zakat harus sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Nah apa saja syarat-syarat dari zakat?

 Syarat-syarat Wajib Zakat

  1. Islam,zakat hanya dikenakan atau diwajibkan hanya kepada orang-orang yang beragama Islam.
  2. Berakal dan Baligh,orang yang mengeluarkan zakat harus di nilai berakal dan sudah bisa membedakan antara yang baik dan benar.
  3. Dimiliki secara sempurna,harta yang hendak dikeluarkan merupakan milik sendiri di tangan individu dan tidak berkaitan dengan hak orang lain, atau harta tersebut disalurkan atas kesanggupannya sendiri.
  4. Zakat harus mencapai nisab, pengertian nisab sendiri adalah batasan antara apakah harta itu wajib zakat atau tidak. Jadi, harta yang dimiliki seseorang telah mencapai pada nisab, maka kekayaan (harta) tersebut wajib dizakatkan.

Keutamaan Mengeluarkan Zakat

Sahabat, ternyata jika kita mengeluarkan zakat akan mendatangkan banyak sekali manfaat dan hikmahnya. Berikut adalah manfaat ketika seseorang mengeluarkan zakat :

  1. Mereka yang mengeluarkan zakat senantiasa merasakan kebahagiaan di dalam urusannya baik di dunia dan juga di akhirat kelak.
  2. Seseorang yang menunaikan zakat hartanya akan selalu bersih dari harta yang haram. Serta dapat mendekatkan diri kepada Allah dan bisa meningkat kan keimanan dan ketaatan kepada Allah.
  3. Mendapatkan pahala yang besar.
  4. Allah akan menghapus segala dosa yang dimiliki oleh seseorang yang membayarkan zakat.
  5. Seseorang yang mengeluarkan zakat, insya Allah senantiasa diberikan petunjuk serta hidayah dalam segala urusannya.
  6. Harta yang dimiliki menjadi berkah, serta dijauhkan dari harta yang haram.
  7.  

Yuk Kak, kita tunaikan zakat dari harta yang telah kita dapatkan, sehingga harta yang kita dapatkan menjadi harta yang berkah. Semoga dengan kita mengeluarkan zakat Allah melindungi dari harta yang haram. Aamiin. Itulah artikel tentang pengertian zakat, hukum membayar dan keutamaanya. Yuk kita zakat! 

Share it on