Griya Yatim & Dhuafa

Pentingnya Hand Sanitizer di Kantor Pelayanan Publik

Segala macam cara telah dilakukan untuk memutus rantai penyebaran wabah virus corona yang saat ini sedang mewabah di Negeri Indonesia tercinta ini. Salah satu langkah yang dilakukan adalah sterilisasi lingkungan dengan cara menyemprotkan desinfektan. Desinfektan yang digunakan memiliki fungsi yang sama seperti hand sanitizer yaitu membunuh bakteri dan virus.

Langkah terpenting untuk memutus rantai penyebaran wabah virus corona ini harus dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu.

Jadi Sahabat dermawan, di masa pandemi wabah virus corona saat ini, siapapun dan dimanapun kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita dan juga dianjurkan untuk lebih menjaga kebersihan, karena dengan menjaga kebersihan kita dapat menghindari penyakit juga, salah satunya adalah kebersihan tangan.

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang rentan menjadi tempat bersarangnya virus atau bakteri karena ia adalah organ tubuh yang paling sering digunakan untuk berinteraksi seperti berjabat tangan, memegang gagang pintu, memegang uang, memegang wajah dan sebagainya. Karena kesibukan atau keadaaan, kita sering lupa untuk mencuci tangan dengan air, sehingga kita lebih sering mengambil langkah yang lebih simpel yaitu menggunakan hand sanitizer.

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus, dengan cara pemakaian tanpa dibilas dengan air. Tetapi tidak semua hand sanitizer memiliki kemampuan membunuh bakteri atau virus, hanya hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60-70 persen lah yang efektif membunuh bakteri atau virus.

BACA JUGA : Berbagi Semangat Sehat di Tengah Pandemi wabah virus corona 

Menggunakan Hand Sanitizer adalah langkah yang paling tepat untuk menghindar  infeksi virus, terutama pada masa pandemi wabah virus corona ini. Oleh karena itu, di masa pandemi wabah virus corona ini, hand sanitizer menjadi salah satu barang yang harus tersedia dimanapun terutama di tempat pelayanan publik seperti kantor yang melayani kepentingan umum mulai dari perbelanjaan, pembayaran, sarana transportasi termasuk pelayanan ZISWAF. Begitupun yang sudah tersedia di setiap kantor pelayanan ZISWAF Griya Yatim & Dhuafa baik kantor pusat maupun kantor cabang (pelayanan). Hal ini sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran wabah virus corona yang saat ini sedang mewabah di Negeri Indonesia tercinta ini.

Dengan adanya hand sanitizer di tempat pelayanan publik, kita dapat menjaga kebersihan bersama. Sehingga kemungkinan tempat itu terinfeksi virus menjadi menurun.

Tetapi ingat ya Sahabat Dermawan, kita dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun karena lebih efektif membunuh virus atau bakteri. hand sanitizer sebaiknya digunakan saat kita sedang berada di tempat umum atau dalam keadaan sulit untuk menemukan air.

BACA JUGA : Ini Saatnya Bergerak Lebih Untuk Sesama

Penggunaan hand sanitizer terus menerus dapat menyebabkan iritasi kulit terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif dikarenakan alkohol yang terkandung di dalamnya, dan hand sanitizer juga tidak dapat digunakan untuk bayi maupun balita karena kulit mereka masih rentan terhadap iritasi.

Selain untuk membersihkan tangan, hand sanitizer dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda, misalnya HP, Laptop, Gagang pintu, dan lainnya yang mungkin saja terinfeksi virus.

Kelebihan hand sanitizer yang paling diinginkan yaitu sangat praktis. Mudah untuk dibawa bepergian. Selain itu, hand sanitizer sangat mudah untuk digunakan.

Yuk selalu kita jaga kebersihan, mulai diri sendiri, keluarga, dan lingkungan di sekitar kita. Semoga dengan menjaga kebersihan, Allah menjauhkan kita dari segala penyakit dan tetap sehat sepanjang waktu. Aamiin…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Indonesian ID
Scroll to Top