Griya Yatim & Dhuafa

Pentingnya Makan Makanan Berserat

Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh, sehingga di usus, serat dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Untuk itu, banyak orang bilang “jangan lupa makan makanan yang berserat” jika kita mengalami kesulitan buang air besar. Yuk kita simak artikel tentang Pentingnya Makan Makanan Berserat, semoga bermanfaat untuk semua.

Serat banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, biasanya kalau kita mengalami sembelit, banyak orang akan menyarankan untuk lebih banyak makan sayur dan buah. Namun, ternyata manfaat serat tidak hanya itu saja, yuk simak bersama :

Pentingnya Makan Makanan Berserat

  1.       Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat dalam bentuk larut air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat larut air dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga kolesterol tidak sempat diserap oleh tubuh melainkan dibuang keluar tubuh melalui feses. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan tinggi serat dapat menurunkan tekanan darah dan peradangan.

Kolesterol itu juga penting bagi tubuh, namun kadarnya harus seimbang. Makanan berserat membantu menghilangkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

  1.       Membantu Mencapai Berat Badan Normal

Makanan tinggi serat cenderung dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang rendah serat dan tinggi gula, hal ini membuat kamu makan lebih sedikit. Makanan berserat juga cenderung tidak dibentuk sebagai lemak. Serat juga merupakan makanan yang rendah kalori, sehingga makan sayur dan buah-buahan dengan jumlah yang banyak pun tidak jadi masalah. Makanan berserat sangat baik untuk mencegah obesitas.

  1.       Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat, terutama dalam bentuk larut air, bermanfaat bagi Anda yang menderita diabetes karena serat dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga juga memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, dan menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik. Makanan berserat sangat baik untuk mencegah diabetes. Jadi, jika kita takut untuk mengkonsumsi makanan manis sebab takut diabetes, tidak masalah jika kita mengkonsumsi buah-buah yang manis, karena mengandung banyak serat.

Baca Juga : Anak Asuh Binaan Membuat Makanan Sehat

  1.       Melancarkan pencernaan

Makanan berserat dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, ambeien, dan lainnya. Serat dapat melunakkan feses, sebab serat cenderung lebih menyerap air. Sehingga tidak sulit untuk buang air besar. Namun, ada juga serat yang malah menyebabkan sembelit. Yaitu serat yang terdapat pada buah salak.

Sumber-sumber serat

Sumber-sumber makanan yang kaya akan serat yaitu makanan yang alami. Makanan-makanan cepat saji dan junk food, hanya memiliki sedikit serat, bahkan hampir tidak ada. Makanan-makanan yang alami pun tidak semuanya mengandung kaya serat. Makanan yang mengandung kaya serat antara lain :

  1.       Sayur hijau

Sayur dedaunan merupakan makanan yang kaya akan serat. Maka dari itu jangan sampai kita meninggalkan sayuran sebagai makanan kita.

  1.       Buah-buahan

Hampir setiap buah memiliki serat yang baik bagi tubuh. Bagi orang yang tidak suka makan sayur mayur, maka harus makan buah-buahan agar kebutuhan serat dalam tubuh terpenuhi. 

  1.       Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga kaya akan serat. Kacang-kacangan merupakan menu cemilan yang naik bagi tubuh. Namun, jangan lupa untuk minum. Sebab bisa menyebabkan dehidrasi

Sahabat, Itulah Pentingnya Makan Makanan Berserat, bertambahnya pengetahuan kita ini harus diikuti dengan usaha. Agar kita dapat mengambil setiap kebaikan yang terdapat pada makanan berserat. Sebenarnya masih banyak manfaat lain tentang makanan yang mengandung serat, tapi empat manfaat diatas mudah-mudahan semakin membuat kita menyukai makanan-makanan yang mengandung serat.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top