News

Penyebab Kaki Kram Saat Bersepeda

Sahabat dermawan, pernah mengalami masalah kaki kram ketika sedang bersepeda atau olahraga lainnya? Jika iya, Sahabat tidak sendiri. Siapa pun dapat mengalami kaki kram saat bersepeda ataupun berolahraga, walaupun lebih umum terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia atau lansia. Penyebab Kaki Kram Saat Bersepeda Dan Cara Mengatasinya.

Kram kaki umumnya menyerang otot betis, paha, atau sekujur kaki. Ini bisa terjadi di salah satu atau kedua sisi kaki. Mengalami kram kaki di malam hari tentu merupakan hal yang tidak nyaman. Pasalnya, hal tersebut dapat mengganggu kegiatan kita karena rasanya sangat tidak nyaman.

Apa penyebab kaki kram?

Penyebab Kaki Kram Saat Bersepeda Dan Cara Mengatasinya

Para ahli menyebutkan bahwa penyebab kaki kram saat bersepeda atau berolahraga dapat diketahui secara pasti, yaitu karena kurangnya pemanasan otot yang dilakukan. Namun, telah diketahui bahwa ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kondisi kaki kram saat bersepeda atau berolahraga.

Secara umum, kaki kram saat bersepeda maupun berolahraga dapat disebabkan oleh otot-otot kaki yang belum rileks. Beberapa orang mungkin terlalu bersemangat untuk langsung bersepeda, hingga akhirnya lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya. Terlebih lagi langsung mengayuh sepedanya dengan kencang. Maka otot akan menegang dan menjadi kram.

Selain lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda, ada berbagai penyebab kram kaki lainnya. Yaitu menempuh jarak yang terlalu jauh hingga otot terlalu lelah. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu memporsir dirinya melebihi kemampuan tubuhnya, berisiko akan mengalami kaki kram saat beraktifitas. Olahraga terlalu berat juga dapat menyebabkan kaki kram karena otot-otot tubuh bekerja terlalu keras.

Baca Juga : Bersepeda, Olahraga Santai yang Menyehatkan

Posisi duduk yang tidak benar juga menjadi faktor penyebab kram kaki. Posisi duduk dapat mempengaruhi posisi mengayuh yang tidak nyaman. Sehingga kaki tidak rileks ketika sedang mengayuh. Bisa juga akibat duduk terlalu lama, sehingga otot paha jadi kaku. Maka, mengayuh dengan berdiri sesekali perlu dilakukan.

Kaki kram saat beraktifitas juga bisa berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan kesehatan tertentu di bawah ini:

  • Gangguan saraf
  • Penyakit Jantung
  • Gangguan liver, ginjal, dan tiroid
  • Diabetes
  • Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu

Cara mengatasi kaki kram

Lalu bagaimana cara mengatasi kaki kram di malam hari secara tiba-tiba. Sahabat, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini sebagai cara mengatasi kaki kram di malam hari yang tiba-tiba kambuh:

  • Memijat otot kaki dengan tangan. Cara ini bertujuan agar otot kaki yang kaku terasa rileks dan kendur.
  • Lakukan peregangan otot. Anda bisa meregangkan otot kaki dengan cara meluruskan kedua kaki.
  • Gerakkan kaki dengan berjalan. Anda bisa bangkit dari tempat tidur dan gerakkan kaki secara perlahan.

Tips mencegah kaki kram ketika bersepeda

Kram kaki di malam hari dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Minum banyak cairan sebelum beraktifitas. Mencukupi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh sebelum beraktifitas dapat membuat fungsi otot kaki bekerja secara optimal.
  • Lakukan peregangan otot atau pemanasan. Meregangkan otot betis dan paha belakang Anda sebelum tidur dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan kaki kram yang terjadi. 
  • Perhatikan posisi mengayuh yang paling nyaman. Hindari posisi yang membuat Anda cepat lelah. Cobalah untuk mengganti posisi setiap beberapa saat.

Sahabat, Penyebab Kaki Kram Saat Bersepeda Dan Cara Mengatasinya, lakukanlah tips-tips tersebut, agar aktifitas anda tidak terganggu akibat kram kaki. Semoga perjalanan bersepeda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, serta terhindar dari kram otot kaki dan penyakit yang sebagainya. 

Share it on