Griya Yatim & Dhuafa

Perbandingan Antara Dunia dan Akhirat

Perbandingan Antara dunia dan Akhirat
                              Perbandingan Antara dunia dan Akhirat

Donasiberkah – Kebanyakan manusia lebih suka memperebutkan nikmat dunia yang diibaratkan hanya setetes jari daripada nikmat akhirat yang seluas lautan. Perbandingan antara keduanya bagaikan seseorang yang mencelupkan jarinya ke dalam lautan, maka dunia bagaikan setetes air yang melekat pada jari-jarinya itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Demi Allah, tidaklah dunia di bandingkan akhirat kecuali seperti seseorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya jika ia keluarkan dari laut?” (HR. Muslim).

Baca Juga : Kejarlah akhirat maka dunia akan mengikutimu

Dunia Hanyalah Permainan

Dan Allah Ta’ala berfirman : “Dan kehidupan dunia ini hanya senda-gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui” (QS. Al-Ankabut : 64).

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan. Perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak. Seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS. Al-Hadid : 20).

Perbandingan Antara dunia dan Akhirat
      Perbandingan Antara dunia dan Akhirat

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” (QS. Ali Imran : 14).

Kalau kita sudah mengetahui hakikat perbandingan dunia dengan akhirat, dan dunia itu rendah lagi hina, maka seharusnya kita lebih mementingkan akhirat daripada dunia. Jangan sampai hanya mengejar kesenangan dunia sehingga mengabaikan bekal untuk akhirat.

Akhirat Berupa Balasan  

Kehidupan yang kita alami saat ini tidaklah sesempurna seperti yang kita bayangkan. Sedangkan kehidupan akhirat tidak ada celah, tidak ada mustahil di dalamnya. Apabila kita membaca tentang keindahan di surga, betapa indahnya kehidupan di surga. Maka akhirat adalah tempat kita memetik amalan apa yang kita tanam. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An-Nahl : 97).

Baca Juga : Bahayanya Bila Kita Terlalu Mencintai Dunia

Yuk Persiapkan Amalan Terbaik

Yuk Kak, kita persiapkan amalan terbaik untuk kehidupan di akhirat, salah satunya dengan amalan sedekah, membaca Al-Qur’an, perbanyak shalawat, dan amalan yang lainnya. Semoga Allah memberikan kemampuan kepada kita untuk melakukan amalan kebaikan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top