Griya Yatim & Dhuafa

Perbanyak Amalan Sedekah Jariyah

Sedekatduajari – Assalamualaikum Sahabat Dermawan. Banyak orang yang telah mengetahui amalan sedekah. Namun apakah mereka mengetahui sedekah jariyah? Sedekah jariyah merupakan amalan yang terus mengalir pahalanya, walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia. Amalan tersebut terus menghasilkan pahala yang terus mengalir kepadanya. Inilah artikel tentang perbanyak amalan sedekah jariyah, yuk kita simak.

Baca Juga : Bantuan Untuk Para Mualaf

Tidak Akan Ada Penyesalan Dalam Menunaikan

Kak, dengan menunaikan amalan tersebut, dapat mengalirkan pahala yang tidak akan pernah terputus, meski kita hanya melakukan sekali saja. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.”(HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya.” (HR. Ibnu Majah).

Allah Memberi Ganjaran Yang Luar Biasa

Tidak hanya itu, Allah dan Rasul-nya menganjurkan kepada umat manusia untuk memperbanyak amalan sedekah. Hal ini agar rezeki yang Allah berikan kepada kita membawa keberkahan di dalam harta tersebut. Dan Allah pun menjamin dengan balasan yang berkali-kali lipat. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

“Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga) maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.” (QS. Al Lail: 5-8).

Baca Juga : Bantuan Jum’at Berkah Sekitar Asrama Pamulang

Tunaikan Zakat Dan Sedekah Kita, Dan Raih Pahala Terbaik Untuk Bekal Akhirat

Sahabat Dermawan, Yuk kita penuhi kewajiban kita sesama manusia untuk saling menolong dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Tebar manfaat di negeri kita tercinta ini dengan zakat dan sedekah.

Yuk bantu penuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim dan dhuafa serta para lansia dhuafa yang membutuhkan dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top