Griya Yatim & Dhuafa

Perbanyak Sedekah Biar Bahagia (PSBB)

admin

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, ketahuilah bahwa sedekah bukan saja menambah pahala ibadah dan melipat gandakan rezeki, akan tetapi bisa membuat seseorang akan lebih bahagia.  Ada perasaan lega yang tak ternilai setelah seseorang melakukan sedekah. Memberi kepada yang membutuhkan bukan hanya sebatas materi, tapi juga bisa dilakukan lewat tindakan yang nyata dalam berbagai kegiatan.  Yuk kita Perbanyak Sedekah Biar Bahagia (PSBB) biar rezeki kita pun berkah.

Mengapa perasaan bahagia bisa muncul?

Sahabat, ternyata itu merupakan salah satu umpan balik dari sikap dermawan yang anda lakukan. Bahwa sebuah penelitian menemukan setiap perilaku baik hati dan peduli terhadap orang lain dapat meningkatkan suatu sinyal di otak yang diikuti dengan meluapnya tingkat kebahagiaan seseorang. Ini memperlihatkan bagian striatum ventral dan korteks orbitofrontal yang mengalami peningkatan.

Sinyal kebahagiaan yang ditunjukkan pada bagian otak tersebut dihasilkan ketika kita seseorang memberi (melakukan) sedekah atau kebaikan dalam bentuk lainnya. Dan uniknya, sinyal ini dapat anjlok drastis ketika seseorang menjadi egois dan serakah.

Sedekah yang sahabat, keluarkan akan memberikan banyak sekali manfaat,Diantaranya yaitu :

Perbanyak Sedekah Biar Bahagia (PSBB)
Perbanyak Sedekah Biar Bahagia (PSBB)
  1. Hidup Semakin Berkah.

Sahabat, sedekah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk cara. Sedekah juga merupakan salah satu cara kita bersyukur kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat” (QS .Ibrahim : 7).

Dan didalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda,”Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat bawang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda, “(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk sholat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

  1. Bisa Menolak Bala dan Menyembuhkan Penyakit

Sahabat, jika ada diantara kita yang sedang sakit, maka bersedekahlah. Karena ini merupakan salah satu keajaiban sedekah kepada anak yatim. Bila sudah sedekah dan belum juga sembuh, maka perbanyaklah lagi sedekahnya. Sebab Allah sedang mendengarkan doa orang-orang yang pernah kamu beri sedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.”

Sahabat, di dalam hadits tersebut mengingatkan kepada kita bahwa sedekah bisa membantu seseorang untuk terhindar dari bala dan bencana.

Sebagaimana yang di pesankan oleh Nabi, dari Abu Hurairah ia berkata: Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata: “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hal si fulan (ahli warisnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Harta yang di keluarkan untuk sedekah akan kekal di sisi Allah

Sahabat, harta yang Kakak, keluarkan di jalan Allah akan membantu kita kelak di akhirat. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu diantara kalian mengembangbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Yuk Kak, kita perbanyak sedekah agar kehidupan yang kita lakukan lebih bahagia. Semoga apa yang kakak sisihkan untuk mereka mendapat balasan yang lebih baik. Aamiin.

 

48 views