Griya Yatim & Dhuafa

Perbanyaklah Membaca Istighfar

Manusia sebagai makhluk Allah yang memiliki akal, harusnya menyadari kedudukannya sebagai seorang hamba. Seorang hamba Allah itu hanyalah menyembah Allah dan menjalani segala perintahNya. Namun, manusia itu benar-benar berbeda dengan malaikat, manusia itu dipenuhi oleh dosa-dosa. Rasulullah bersabda : “Seluruh Bani Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan (dosa), dan sebaik-baik manusia yang banyak kesalahannya (dosanya) adalah yang banyak bertaubat.” (HR. At-Tirmidzi). Maka jangan lupa untuk Perbanyaklah Membaca Istighfar

Setiap manusia harus beristighfar

Setiap manusia pasti memiliki dosa, yaitu dosa-dosa yang dilakukannya dengan sengaja ataupun tidak disegaja. Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Allah menyayangi setiap hambanya, oleh karena itu Allah mengampuni dosa-dosa hambanya yang benar-benar ingin diampuni. Maka perbanyaklah membaca istighfar, sebagai bentuk keseriusan kita bahwa kita benar-benar ingin diampuni oleh Allah.

Rasulullah bersabda : “Seandainya kalian tidak berbuat dosa, niscaya Allah benar-benar akan menghilangkan kamu, dan pasti akan mendatangkan suatu kaum yang mereka akan berbuat dosa, lalu mereka akan memohon ampun kepada Allah, lalu Dia akan mengampuni mereka”.(HR. Muslim). Setiap manusia itu pasti pernah melakukan dosa yang tidak disengaja, jika mereka benar-benar tidak pernah berdosa maka Allah akan mengganti mereka dengan kaum lain.

Perbanyaklah Membaca Istighfar

Setiap manusia harus beristighfar, karena mereka pasti berdosa. Allah berfirman : “Dan mintalah engkau ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Muzammil, 20). Dan Allah akan menerima taubat mereka dan mengampuni mereka. Allah berfirman : “Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap dirinya sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa. Sesungguhnya Dia Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Az-Zumar : 53).

Bahkan Rasulullah, seseorang yang merupakan kecintaan Allah yang dijamin suci dari dosa pun beristighfar kepada Allah. Rasulullah bersabda : “Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kalian kepada Allâh dan mintalah ampun kepada-Nya, karena sesungguhnya aku bertaubat kepada Allâh dan minta ampun kepada-Nya setiap hari sebanyak seratus kali.”  (HR. Ahmad).

Keistimewaan beristighfar

Selain untuk meminta ampunan kepada Allah, beristighfar pun akan memberikan khasiat kepada diri kita. Keistimewaan beristighfar dalam keseharian kita antara lain :

1.Menghilangkan kegelisahan

Manusia itu penuh dengan kegelisahan. Pemikiran yang ditimbulkan akibat ketidaktahuannya terhadap masa yang akan datang menimbulkan kegelisahan. Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” (QS. Al-Balad : 4). Allah telah menyatakan bahwa manusia itu selalu berada dalam keadaan susah payah. Sehingga kegelisahan selalu ada dalam hati manusia.

Baca Juga : Inilah 8 Jalan Rezeki Dalam Al-Qur’an

Oleh karena itu, perbanyaklah membaca istighfar, karena istighfar dapat memberikan kelapangan pada hati kita. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Daud).

2. Menurunkan hujan

Dengan membaca istighfar, Allah akan menurunkan hujan yang deras. Allah berfirman : “Wahai kaumku, mintalah ampunan Rabb kalian kemudian bertaubatlah kalian kepada-Nya, niscaya Dia mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian dan menambahkan kekuatan atas kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan menjadi orang-orang yang banyak berbuat dosa.” (QS. Hud: 52).

3. Melimpahkan harta

Allah berfirman : “Mintalah ampunan Rabb kalian karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian, mengaruniakan kepada kalian limpahan harta dan anak-anak, menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan menjadikan untuk kalian sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-

4. Terampuninya dosa-dosa

Dengan beristighfar kepada Allah, maka pasti Allah akan ampuni dosa-dosa kita. Rasulullah bersabda : “Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka mintalah ampun kepada-Ku, pasti Aku mengampuni kalian.”(HR. Muslim).

Sahabat, membaca istighfar itu memiliki banyak keutamaan dan Allah sangat mencintai orang-orang yang beristighfar. Maka perbanyaklah beristighfar kepada Allah dan selalu berdoa kepadaNya agar kita selalu diberi keistiqomahan di jalan Allah ini. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top