News

Perbedaan Sedekah dengan Zakat

Donasiberkah.Sahabat Dermawan, salah satu amalan dalam islam adalah dengan menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan atau kurang mampu. menyisihkan harta tersebut dapat dikategorikan sebagai zakat dan sedekah. Namun kita sempat bertanya-tanya mengenai zakat dan sedekah itu sama atau tidak? Berikut ini adalah rangkuman dan perbedaan serta hukumnya berzakat dan bersedekah.

Sudah Tahukah Perbedaan Keduannya? 

Bahwa keduanya tersebut sangatlah dianjurkan dan di kerjakan, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan belanjakan lah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan diri sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS. Al-Baqarah : 195). Di atas tersebut kalimat “membelanjakan harta dijalan Allah”, istilah tersebut yaitu dua ibadah yakni : zakat dan sedekah.

Perbedaan Sedekah dengan zakat

Ketahuilah kak, bahwa zakat berasal dari kata “Zakat” yang artinya berkah, tumbuh, bersih dan baik. Dan jika ada orang yang berzakat, berarti orang tersebut baik. Zakat merupakan salah satu rukun Islam ini hukumnya wajib bagi seorang Muslim.

Pengertian dan Hukum Zakat

Zakat dari segi istilah yang berarti “Sejumlah harta tertentu yang di wajibkan oleh Allah kepada kita, dan memberinya kepada orang yang berhak menerimanya dengan syarat bahwa harta tersebut sudah telah mencapai nishabnya. Orang yang mengeluarkan dengan hartanya dari kekayaan di sebut juga zakat. Dengan tujuan agar harta yang ia keluarkan menambah banyak, membuat lebih berarti serta melindungi kekayaan itu dari kebinasaan. Sebagaimana perkataan Ibnu Taimiah “Jiwa orang yang berzakat itu menjadi bersih dan kekayaan akan bersih juga.”

Hukum zakat adalah wajib, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari kekayaan mereka, engkau bersihkan dan sucikan mereka dengannya dan berdoa lah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka. Allah Mendengar, Maha Mengetahui” (QS. at-Taubah : 103).

Sahabat, ketahuilah bahwa zakat yang kita keluarkan juga menciptakan pertumbuhan buat orang-orang miskin. Zakat adalah sebuah peringatan bagi kita bahwa zakat tidak hanya menciptakan pertumbuhan material orang-orang miskin, akan tetapi bisa mengembangkan kekayaan orang-orang kaya. Jika zakat harus diberikan kepada mustahik tertentu (8 asnaf).

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’alaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. At-Taubah : 60).

Pengertian dan Keutamaan Sedekah 

Sedangkan sedekah  berasal dari bahasa Arab yaitu “shodaqoh” yang dapat diartikan pemberian kepada orang lain secara sukarela. Hukum dari sedekah adalah sunah, yang berarti berpahala apabila dilakukan namun tidak berdosa apabila tidak dikerjakan. 

Sedekah berbeda dengan zakat, kalau zakat memiliki ketentuan tersendiri, mulai dari waktu dan takarannya. Sedangkan sedekah bisa dilakukan kapan saja.

Meski demikian, Allah telah berfirman akan memberi pahala yang besar bagi orang yang mau menyisihkan hartanya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menubuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui” (QS. Al-baqarah : 261).

Sahabat, mungkin dengan ilmu ini kita bisa mengetahui bahwa ada perbedaan antara Zakat dan Sedekah. Jika kamu sudah mengetahui perbedaan yuk kita sedekah dan zakat untuk yatim & dhuafa, dengan klik tombol dibawah ini.

Share it on