News

Perkara Yang Harus Diwaspadai

Kak, waktu begitu singkat, dan waktu tidak akan pernah terulang kembali, dengan demikian kita harus meninggalkan sesuatu perkara yang yang tidak bermanfaat baginya, sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara-perkara yang  tidak bermanfaat baginya.” (HR. At-Tirmidzi). Maka Yuk kita simak artike tentang Perkara Yang Harus Diwaspadai apa saja ya ka?.

Apa saja ya kak perkara tersebut? yuk langsung kita bahas :

Perkara Yang Harus Diwaspadai

  1. Ilmu yang tidak diamalkan 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Pada malam diisrakan, aku melewati orang-oarang yang disiksa dengan cara lidah mereka dipotong dengan alat-alat pemotongan dari api neraka. Aku bertanya : Siapakah mereka itu wahai jibril ? lalu Jibril menjawab : “Para khatib umatmu yang mengatakan apa yang tidak mereka perbuat.” (HR. Bukhari & Muslim).

Ini adalah sebuah balasan kepada mereka yang mengatakan atau menyeru untuk berbuat kebaikan tetapi mereka enggan untuk melakukan hal tersebut. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As-Shaff : 2-3).

Baca Juga : Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu

Di dalam ayat lain Allah berfirman : “Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Al- Kitab? tidak kamu mengerti?.  Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan doa penting, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari hati yang tidak khusyuk, dan dari jiwa yang tidak pernah puas dan dari doa yang tidak pernah terkabul.” (HR. Muslim, At-Thirmidzi dan An-Nasa’i).

  1. Amalan yang dilakukan dengan tidak ikhlas dan tidak syari’at islam.

Setiap amalan yang kita lakukan kak, harus sesuai dengan apa-apa yang di contohkan oleh Rasulullah, karena setiap amalan yang kita lakukan tanpa ada ilmunya serta tidak tidak di contohkan maka amalan tersebut akan sia-sia sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang melakukan sebuah amalan yang bukan berasal dari kami ( Allah & Rasulnya) maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim).

  1. Hati yang kosong dari kecintaan kepada Allah, kerinduan terhadaNya dan kenyamanan ketika berada di dekatNya.

Terkadang manusia hanya di sibukankan dengan kecintaannya terhadap dunia sehingga dia lupa dengan Sang PenciptaNya. Sebagaimana Allah berfirman : “Mereka mengetahui yang lahir dari kehidupan dunia, sedangkan terhadap kehidupan akhirat mereka lalai.” (QS. Ar-Rum :7).

  1. Waktu yang tidak dimanfaatkan untuk melakukan sesuatu yang memperoleh kebajikan dan kedekatan kepada Allah Ta’ala.

Begitu banyak waktu yang yang kita sia-siakan, pada hal waktu yang kita miliki bisa bermanfaat dan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, jangan sampai kita merugi dengan waktu yang kita lewatkan begitu saja tanpa ada hasil untuk bekal kita kelak, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS. Al-Asr : 1-3).

  1. Merasa takut kepada selain Allah Ta’ala

Merasa takut merupakan suatu yang wajar kak, akan tetapi kita sebagai umat muslim harus takut hanya kepada Allah semata. Sifat takut hanya kepada Allah dapat membuat dirinya selalu menjaga agar tidak bermaksiat kepadaNya. Takut selain kepada Allah adalah salah satu tipu daya setan agar manusia jauh dari Allah sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Seseungguhnya mereka itu tidak lain adalah setan dengan kawan-kawannya yang menakut-nakuti kamu, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka akan tetapi takut lah kepadaKu jika kamu benar-benar beriman.” (QS. Ali Imran : 175).  

Itulah Perkara Yang Harus Diwaspadai ya ka, jadi jangan lupa perkara-perkara tersebut harus kita wasapadi, jangan sampai lengah ya ka.

Share it on