Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki 

Griya Yatim Dhuafa
Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki
                                      Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, Allah itu Maha segala-galanya, termasuk Maha  Kaya. Segala yang ada di langit dan di bumi adalah milikNya . Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Dan kepunyaannya (Allah) apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi…”  (QS An-Najm: 31). Inilah artikel perlunya ikhtiar dalam mencari rezeki, yuk kita simak.

Baca Juga : Kasih Sayang Allah Terhadap Hamba-Nya 

Sahabat, Allah telah menetapkan rezeki untuk setiap makhluknya. Oleh karena itu, setiap makhluk-Nya pasti akan mendapatkan rezekinya masing-masing. Sebagaimana Allah berfirman : “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya.” (QS. Hud : 6).

Iringi Dengan Rasa Syukur 

Allah adalah Rabb yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Allah menambahkan nikmat dan rezekiNya kepada makhlukNya yang Dia kehendaki. Yaitu orang-orang yang bersyukur. Allah berfirman : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(QS. Ibrahim : 7). 

Baca Juga : Yuk Bersedekah Sebagai Tanda Syukur

Syukur itu merupakan sebab penambahan nikmat yang Allah berikan, namun hanya sedikit dari hamba Allah yang pandai bersyukur. Allah berfirman : “…Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” (QS. Saba’ : 13).

Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki
    Perlunya Ikhtiar Dalam Mencari Rezeki

Lalu, Allah juga menambahkan nikmat dan rezekinya kepada orang-orang yang sentiasa berikhtiar. Ikhtiar adalah berusaha dengan segenap kemampuannya untuk mendapatkan nikmat Allah. Meskipun Allah telah menetapkan nikmat yang diterima makhlukNya, namun kita juga diwajibkan untuk berikhtiar.  Seseorang tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali apa yang telah diusahakannya. Allah berfirman : “Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS. An-Najm: 39).

Namun sebelum kita berikhtiar, kita harus memiliki iman dalam diri kita. Kita harus yakin bahwa Allah adalah Rabb semesta alam. Kita harus meyakini bahwa segala yang kita usahakan akan dibalas dengan hal yang lebih baik. Ketika kita tidak beriman maka kita tidak memiliki keyakinan bahwa setiap ikhtiar yang kita lakukan akan mendapat balasannya. 

Terus Memperbaiki Diri 

Sahabat, jika kita belum mendapatkan hasil dari ikhtiar yang kita lakukan kepada Allah, maka kita harus introspeksi terhadap diri kita. Adakah perbuatan kita yang menyimpang dari aturan Allah, sehingga Allah belum memberikan kita hasil dari ikhtiar yang kita lakukan.

Baca Juga : Berprasangka Baik Terhadap Ketetapan Allah

Jangan pernah mengeluh dengan rezeki yang Allah berikan hari ini, teruslah melakukan ikhtiar dan bersyukur dan jangan lupa untuk menyisihkan hartanya di jalan Allah. Insya Allah setiap kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula. Yuk sedekahkan hartanya di link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
153 views
English EN Indonesian ID