Griya Yatim & Dhuafa

Perlunya Menjaga Amal Kebaikan

Perlunya Menjaga Amal Kebaikan
                                    Perlunya Menjaga Amal Kebaikan

Donasiberkah – Sahabat dermawan, pada saat kita melakukan kebaikan itu akan mendapatkan balasan pahala berkali-kali lipat jumlahnya. Baik amalan kebaikan yang bersifat mahdah (secara ritual) maupun secara ghairah mahdah (sosial). Semua amalan kebaikan tersebut hendaknya kita jaga dalam melakukannya atau secara konsisten.

Pertahankan lah Setiap Amalan Kebaikan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Janganlah kamu membiasakan melakukan ibadah, lalu meninggalkannya. (HR. Ad-Dailimi). “Allah sangat menyukai orang yang melakukan hal kebaikan, meskipun bernilai sedikit di hadapan manusia. Nabi bersabda, amal kebaikan yang sangat di sukai Allah ialah yang terus menerus meskipun hanya sedikit,” (HR. Al-Bukhari).

Baca Juga : Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari

Ketahuilah definisi amalan yang sedikit namun konsisten dalam melakukannya akan menjadi bukit. Seperti peribahasa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, begitulah amal yang dilakukan, meskipun sedikit akan tetapi terus menerus dilakukan.

Amalan Yang Dilakukan Oleh Rasulullah

Sebagaimana yang di kisahkan, pada suatu hari ketika, Alqamah bertanya kepada Ummul Mukminin Aisyah mengenai amalan kebaikan yang Rasulullah lakukan. Apakah beliau mengkhusus kan hari-hari tertentu untuk melakukan amalan kebaikan? Aisyah menjawab, beliau tidak mengkhusus kan waktu tertentu untuk melakukan amalan kebaikan. Jika beliau beramal, beliau selalu konsisten (terus menerus) dalam melakukannya.” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Seorang Ulama mengatakan mengenai amalan yang dilakukan secara rutin meskipun hanya sedikit, maka amalan tersebut akan berkesinambungan dalam ketaatan kepada Allah. Namun, berbeda dengan halnya amalan yang sekaligus dilakukan dengan banyak, namun terputus. Oleh karena itu, lakukanlah amalan yang sedikit akan tetapi rutin.

Perlunya Menjaga Amal Kebaikan
         Perlunya Menjaga Amal Kebaikan

Kak, ketika amal kebaikan belum dilakukan, amalan yang sudah di niat kan tersebut akan dicatat sebuah sebuah tabungan amal kebaikan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

“Barang siapa berkeinginan untuk kebaikan namun belum mengerjakannya, maka dicatat lah untuknya sebagai satu kebaikan. Dan barang siapa berkeinginan untuk suatu kebaikan lalu mengerjakannya, maka dicatat lah untuknya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan⠀

Kak, melakukan suatu amalan kebaikan kadang sangat mudah dilakukan, namun dalam menjaganya yang sangat sulit untuk bisa terus melakukannya. Di sinilah salah satu ujian yang sangat berat. Sebagaimana di dalam hadits, “Sesungguhnya, apakah ia berhasil melewati halangan itu, lalu dengan penuh semagat dan tulus menjaga amalan untuk terus dilakukan, atau tidak. Nabi pernah mengingat kan, bahwa Allah tidak akan pernah bosan memberikan pahala sampai seseorang bosan beramal (HR. Al-Bukhari).

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link :https://berbagi.link/griyayatim. 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top