Griya Yatim & Dhuafa

Persiapkan Diri dengan Tingkatkan Ketaqwaan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sahabat dermawan, tinggal beberapa hari lagi, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Saat indah yang sangat dinantikan oleh seluruh Muslimin di seluruh dunia dengan penuh rasa gembira. Di dalamnya ada pengampunan, ada barakah, ada lailatul qadr dan ada kemenangan, insya Allah. Maka Yuk Kita Artikel Bersabar dgn Kesabaran yg baik

Tak lama lagi umat Islam akan bertemu bulan suci Ramadhan. Bulan yang berkah ini mari kita sambut dengan suka cita. Di bulan suci Ramadhan umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa, maka perlu persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini.

Ramadhan merupakan madrasah pengendalian diri, bagaimana selama satu bulan penuh kita mengendalikan hawa nafsu dan tunduk terhadap aturan syariat Allah SWT. Karena tujuan puasa Ramadhan adalah menuju taqwa.

Tujuan utama disyariatkan ibadah pada bulan suci Ramadhan adalah untuk meningkatkan ketakwaan orang-orang yang beriman, sesuai dengan Alquran surat al-Baqarah ayat 183. Artinya, ”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Persiapkan Diri Tingkatkan Ketaqwaan

Takwa pada hakikatnya adalah keyakinan yang mantap kepada Allah, rasa takut yang mendalam, dan perasaan muraqabah yang terus-menerus. Orang yang takwa menyadari dan meyakini bahwa dirinya senantiasa dilihat, didengar, dan diketahui oleh Allah  yang maha-melihat, maha-mendengar dan maha-mengetahui.

Perasaan tersebut dapat membangkitkan kesadaran yang tinggi untuk selalu melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Untuk merealisasikan peningkatan ketakwaan diri kita di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, kita perlu melakukan langkah-langkah yang realistis, yang dari waktu ke waktu semakin menampakkan indikasi peningkatan ketakwaan.

Baca Juga : Saatnya Kita Sholat Berjamaan Bersama Keluarga

Amalan-amalan itu antara lain: melakukan puasa dengan sebaik-baiknya, membiasakan diri melaksanakan ibadah-ibadah yang diperintah Allah baik yang wajib ataupun yang sunnah, dan meningkatkan interaksi dengan Alquran, dengan banyak membacanya dan berupaya memahaminya agar dapat dijadikan sebagai petunjuk hidup.

Yuk kita mempersiapkan diri sebaik – baiknya untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan persiapan paling baik adalah Taqwa⠀

 

Allah Subhanahu wata’ala berfirman :⠀

“.. Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah jadikan baginya jalan keluar (atas segala permasalahan)⠀

(Qs. At-Talaq : 2) ⠀

Selain itu, kita menjauhi larangan-larangan Allah, serta berdoa meminta segala kebaikan kepada Allah, terutama anugerah ketakwaan. Selain diupayakan melalui kerja keras dan usaha peningkatan komitmen ketaatan kepada Allah, takwa adalah karunia dan anugerah Allah kepada hamba-Nya.

Karenanya, selain usaha yang maksimal, kita perlu meminta kepada Allah, terlebih lagi pada bulan suci Ramadhan, bulan dikabulkannya doa hamba-Nya.

Yuk sahabat dermawan bermohon terus kepada Allah agar kiranya Allah mudahkan kita semua menjadi hamba-Nya yang bertaqwa, aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top