Griya Yatim & Dhuafa

Pertahankan Kebiasaan Baik Di Bulan Ramadhan

Sedekatduajari – Assalamualaikum Sahabat Dermawan. Mempertahankan kebiasaan baik bukanlah hal yang mudah. Untuk dapat secara konsisten melakukan suatu hal hingga menjadi kebiasaan butuh waktu yang cukup lama. Agar tidak kehilangan momentumnya, yuk kembali kita hidupkan kebiasaan baik kita selama bulan Ramadhan kemarin.

Baca Juga : Bantuan Bina Lansia Asrama Cibubur

Kebiasaan Baik Yang Harus Kita Pertahankan Selepas Ramadhan

Selama sebulan penuh kita sudah melatih membiasakan diri kita dalam melakukan banyak hal baik. Mengisi aktivitas harian kita dengan ibadah dan membantu orang lain sebanyak-banyaknya demi mendapatkan derajat taqwa ketika kita melewati bulan suci Ramadhan.

Namun, kemuliaan derajat taqwa bagi seorang muslim tidak hanya dilihat ketika bulan Ramadhan saja. Melainkan selepas perginya bulan suci ini, derajat keimanan dan ketaqwaan seseorang akan dinilai seutuhnya. Untuk itu, kita perlu mempertahankan setiap amalan dan kebaikan yang telah kita latih selama bulan suci Ramadhan kemarin.

Baca Juga : Bantuan Jum’at Berkah Depok 2

Supaya kita bisa mempertahankan kebiasaan baik sambil melaksanakan aktivitas harian kita di luar bulan Ramadhan, berikut ini adalah beberapa tips dan hal yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kebiasaan baik dari bulan Ramadhan :

  • Melaksanakan puasa sunnah

Melaksanakan puasa merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat kita pertahankan dari bulan Ramadhan. Puasa sendiri memberikan efek positif baik bagi tubuh maupun hati kita. Dengan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, kita juga melatih diri untuk dapat membiasakan diri melakukan hal-hal baik yang bermanfaat bagi sekitar kita.

  • Membaca Al-Qur’an

Rutinitas harian kita selama bulan suci Ramadhan biasa kita isi dengan tadarus Al-Qur’an. Hal ini juga perlu kita rutinkan kembali di luar bulan suci tersebut. Karena di dalam Al-Qur’an terdapat banyak sekali pelajaran serta keajaiban bagi siapapun yang rutin membacanya.

  • Melaksanakan Sholat tepat waktu

Hal ini tentu menjadi sebuah kewajiban bagi kita setiap muslim. Terlepas dari kesibukan kita sehari-hari, melaksanakan sholat merupakan sebuah kewajiban. Dan melaksanakannya tepat pada waktunya merupakan sebuah pencerminan dari diri seorang yang disiplin.

Baca Juga : Kenikmatan Memberi Sedekah

  • Menyisihkan harta untuk bersedekah.

Tips dan hal yang perlu kita lakukan agar terbiasa melaksanakan hal baik adalah menyisihkan harta untuk bersedekah. Sedekah merupakan kegiatan mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan bersedekah, kita dapat menimbulkan rasa simpati lebih terhadap orang sekitar kita yang membutuhkan bantuan.

Itulah tadi beberapa tips untuk kita agar dapat mempertahankan kebiasaan baik selama bulan Ramadhan kemarin. Semoga kita semua menjadi pribadi yang istiqomah dalam menjalankan kebaikan sampai akhir hayat kita, aamiin.

Tunaikan Zakat Dan Sedekah Kita, Dan Raih Pahala Terbaik Untuk Bekal Akhirat

Sahabat Dermawan, Yuk kita penuhi kewajiban kita sesama manusia untuk saling menolong dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Tebar manfaat di negeri kita tercinta ini dengan zakat dan sedekah.

Yuk bantu penuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim dan dhuafa serta para lansia dhuafa yang membutuhkan dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top