News

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terluka dan Terkilir Selagi Bermain

Sahabat, kita sebagai orang tua harus menaruh perhatian pada si anak ketika mereka sedang bermain. Keselamatan si anak itu harus benar-benar di perhatikan. Namun, kita sebagai orang tua mesti tau bagaimana cara menangani keadaan yang tidak diinginkan seperti ketika anak terluka atau terkilir. Inilah Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terluka dan Terkilir Selagi Bermain.

Rasa ingin tahu si kecil kerap kali mendorongnya untuk bereksplorasi dan bermain. Saat ia berlari, bermain bola, atau main sepeda, mungkin saja ia terjatuh atau melukai dirinya sendiri sehingga timbul luka lecet pada kulitnya. Kulit memberikan proteksi terhadap kuman penyakit, seperti bakteri, jamur, dan virus yang hidup di permukaan kulit. Kulit yang rusak karena luka abrasi atau lecet, ada peluang besar kuman masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

Ketika si kecil terluka secara langsung ingatan pertama kali adalah meminta tolong kepada ayah dan bundanya. Di saat seperti ini, ayah dan bunda perlu tahu cara yang benar dalam mengobati luka pada anak. Ayah dan Bunda bisa memulai dengan membersihkan luka sesegera mungkin menggunakan air dingin mengalir.

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terluka dan Terkilir Selagi Bermain

Hilangkan kotoran, pasir, tanah, atau kerikil di area terpapar. Setelah itu ambil cairan antiseptik, lalu gunakan sesuai aturan pakai secara perlahan, memang sedikit perih, tetapi membersihkan luka dengan cairan antiseptik dapat mencegah terjadinya infeksi. Selanjutnya, tutup luka dengan perban dan lakukan pengecekan rutin setiap hari, dan jangan lupa mengganti perban secara rutin sesuai kondisi luka si kecil.

Sahabat dermawan, yang tidak boleh terlupakan juga adalah mengingatkan anak untuk tidak menyentuh atau menarik luka yang sedang diperban tanpa sepengetahuan ayah atau bunda yang bisa mengakibatkan infeksi dan proses penyembuhan luka menjadi lebih lama.

Namun bagaimana jika si anak terkilir ketika bermain? sangat penting untuk memberikan si anak pertolongan pertama, untuk mencegah kerusakan yang lebih serius dan menimbulkan permasalahan jangka panjang.

Inilah Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terluka dan Terkilir Selagi Bermain :

  1.       Istirahatkan bagian tubuh yang terkilir, luruskan dan jangan menggerakkannya.
  2.   Kompres bagian yang terkilir dengan air dingin menggunakan handuk. Hal ini untuk  menghentikan pembengkakan akibat pendarahan didalam.
  3. Ketika beristirahat, posisikan bagian yang terkilir pada posisi yang meminimalisir terjadinya gerakan.
  4. Jangan asal di urut jika tidak mengetahui ilmunya. Karena bisa menyebabkan cedera tersebut semakin parah.

Rasa sakit dan bengkak pada cedera akan hilang sendiri jika di istirahatkan selama 1-2 minggu. Jika perlu, bawa si anak ke tempat urut atau ke dokter, untuk pengobatan lebih lanjut. Jika cedera terasa begitu sakit, maka berikan obat pereda rasa sakit (dengan resep dokter).

Baca Juga : Nutrisi Bermanfaat dalam Gula Aren

Jika cederanya sudah mulai pulih, maka harus diingatkan untuk tidak terlalu menggerakkan bagian yang terkilir hingga benar-benar sembuh. Jika setelah cedera membaik, lalu rasa sakit kembali lagi atau si anak mengalami demam. Segerakan untuk dibawa ke dokter, karena kemungkinan terjadi peradangan lanjut ataupun infeksi.

Ketika anak pernah mengalami terkilir atau cedera otot, ada kemungkinan hal ini kembali terjadi jika kita lambat mengambil tindakan. Terkilir melemahkan ligamen, jadi persendian lebih mudah kembali terpelintir keluar dari tempatnya. Pastikan terkilir atau cedera otot anak sembuh dengan baik agar kemungkinan terjadi lagi jadi menurun.

Sahabat, jangan lupa untuk terus mengawasi si anak ketika bermain, dan jangan bosan mengingatkannya untuk berhati-hati ketika sedang bermain.

Share it on