News

Pesan Nabi Kepada Umatnya

Pesan Nabi Kepada Umatnya

Kak, nasihat merupakan sesuatu asupan yang dibutuhkan oleh hati kita kak. Hal ini di karenakan, nasihat itu akan memberikan motivasi dan mengarahkan kehidupan kita menjadi lebih baik. Karena itu, Rasulullah juga sering mendapat nasihat secara khusus dari malaikat jibril, sahabat-sahabat juga sering mendapatkan nasihat dari Rasulullah. Kak, inilah beberapa Pesan Nabi Kepada Umatnya. Yuk simak sama-sama…

Sebagaimana firman Allah: Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al-Ashr : 3).

Rasulullah memberikan nasihat yang di sampaikan kepada Abu Dzar Al Ghifari. “Aku mewasiatkan kepadamu agar kamu bertaqwa kepada Allah dalam perkara yang tersembunyi dan terang-terangan. Jika kamu berbuat salah, maka berbuat baiklah(setelah itu), dan jangan meminta sesuatu kepada seseorang walaupun (hanya meminta diambilkan) cambukmu yang terjatuh dan jangan menahan amanat.” (HR. Ahmad).

Pesan Nabi Kepada Umatnya

Rasulullah juga berpesan kepada umatnya agar tetap berpegang teguh dengan apa yang beliaui tinggal “Aku tinggalkan kepada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya, selama kamu berpegang dengan kedua-duanya, yaitu kitab Allah (Alquran) dan Sunahku.” (HR. Al-Hakim).

Dari hadits di atas, ada enam nasihat Rasul yang amat penting untuk kita laksanakan dalam kehidupan yang singkat ini. 

Pertama : adalah selalu bertaqwa kepada Allah. Taqwa adalah memelihara diri dari siksa Allah dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi larangan-laranganNya dalam situasi dan kondisi bagaimana pun juga, bahkan dimanapun seseorang berada. Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS.Ali Imran:102). 

Ketaqwaan kepada Allah merupakan kunci kemulian bagi manusia, karenanya setiap mukmin harus berusaha  untuk bertaqwa dengan sebenar-benar ketaqwaan. Begitu penting taqwa bagi kita sehingga hal ini menjadi asas bagi diterimanya suatu amal oleh Allah.

Baca Juga : Inilah Lima Nasihat Rasulullah

Kedua dari Rasulullah keharusan berbuat baik setelah melakukan kesalahan. Sebagaimana manusia yang sering melakukan kesalahan dan dosa, oleh karena itu, setelah bertaubat dari kesalahan, setiap muslim harus menghapus kesalahannya dengan cara melakukan amalan kebajikan, sehingga perbuatan baik mendominasi perjalan hidup kita selanjutnya. 

Rasulullah bersabda di dalam haditsnya : “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada; iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, maka kebaikan akan menghapuskan keburukan itu; dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Ketiga bila seseorang memiliki kemampuan hendaknya tidak meminta bantuan. Hal ini karena hidup mandiri merupakan sesuatu yang amat penting bagi setiap orang Kak, sehingga tidak besar ketergantungannya kepada orang lain. karena itu Rasulullah amat menekankan kepada kita untuk bisa hidup mandiri. Dari sisi ekonomi, seorang memang harus berusaha secara halal dan terhormat, sehingga mengemis pun harus dihindari kecuali bila terpaksa yang kerterpaksaan itu pun tidak boleh berlangsung lama.

Keempat dari Rasulullah kepada sahabat Abu Dzar Al Ghifari ra yang juga berarti kepada kita semua adalah hendaknya kita selalu melaksanakan amanah. amanah itu artinya di percaya, amanah itu berarti mengembalikan yang di titipkan oleh seseorang kepadanya. Sifat ini bukan hanya penting karena termasuk akhlak yang sangat mulia, tapi justru kualitas keimanan seseorang sangat tergantung salah satunya pada apakah ia bisa menjalankan amanah itu atau sebaliknya malah ia berkhianat.

Baca Juga : Inilah Tiga Simpanan Terbaik 

Rasulullah bersabda: “Tidak (sempurna) iman seseorang yang tidak amanah, dan tidak (sempurna) agama seseorang yang tidak menunaikan janjinya.” (HR.Ahmad). Karena amanah merupakan sesuatu yang sangat penting, maka Allah memerintahkan kepada manusia untuk menunaikan amanah sebagaiman firman-Nya : “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya…” (QS. An Nisa : 58).

Kelima yang Rasul sampaikan untuk umatnya yaitu selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun juga, bahkan di manapun seseorang berada. Di dalam kehidupan yang kita jalani ini kak, kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan Al-qur’an sehari-hari. 

Allah berfirman: “…Kemudian jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan RasulNya, jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Yang demikian itu lebih utama dan lebih baik akibatnya.” (QS. An-Nisa:59).

Keenam yang Rasul sampaikan untuk umatnya yaitu selalu menegakkan sunnah-sunnahnya, selalu mengikuti apa-apa yang Nabi contohkan karena Nabi merupakan Suri Tauladan yang terbaik untuk kita contoh. 

Allah berfirman: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab : 21).

Yuk Kak, kita selalu ingat dan amalkan 6 Pesan Nabi Kepada Umatnya tersebut. Semoga Allah senantiasa memberikan hidayahNya kepada kita semua. Aamiin…

 

Share it on