News

Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor

Bosan dengan menu makan siang di kantor yang itu-itu saja ? Waktunya bawa bekal sendiri. Selain ramah di dompet, bekal yang kita masak sendiri lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Sahabat, meski sibuk dengan setumpuk pekerjaan di kantor, kamu tetap tidak boleh melewatkan waktu makan siang. Sama seperti sarapan, makan siang juga penting untuk kesehatan. Maka yuk siapkan Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor.

Makan siang yang sehat akan memberi energi untuk menjalani sisa hari berikutnya. Tidak asal kenyang, bekal makan siang juga harus bernutrisi. Saat menyiapkan bekal yang akan kita bawa ke kantor, perhatikan kebersihan bahan-bahan dan peralatan masak. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kandungan nutrisi dalam setiap bahan makanan yang akan diolah.

Ada 2 (dua) nutrisi yang penting harus ada di bekal kita adalah protein dan serat yaitu :

Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor

Manfaat protein bagi tubuh

Protein sangat cocok untuk menu bekal makan siang. Sebab, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama, bahkan hingga jam kerja berakhir. Ditambah lagi, protein juga salah satu sumber energi. Selain itu masih banyak lagi manfaat protein bagi tubuh antara lain untuk membangun otot, meningkatkan metabolisme, dan membentuk antibodi agar tubuhmu tidak mudah sakit.

Makanan yang merupakan sumber protein itu antara lain :

  •         Makanan laut

Makanan laut memiliki kandungan protein yang begitu tinggi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, makanan laut juga kaya akan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Ini juga cocok bagi kamu yang sedang dalam program diet, sebab makanan laut itu kebanyakan rendah kalori.

  •         Susu, keju, dan juga yogurt

Selain sabagai sumber protein, susu dan juga produk yang merupakan olahan susu, merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Zat ini berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

  •         Daging

Tidak hanya enak, daging juga merupakan sumber protein yang baik. Pengolahan daging sangat berpengaruh pada kandungan gizi dalam daging. Disarankan untuk merebus atau menggorengnya dengan sedikit minyak.

  •         Telur

Telur merupakan bahan makanan yang terjangkau dan juga mudah diolah. Tapi jika terlalu banyak mengkonsumsi telur setiap hari, maka akan muncul bisul pada tubuh.

Baca Juga : Manfaat dari Konsumsi Bayam

Manfaat serat bagi tubuh

Mengapa serat dijadikan menu bekal? Sebab, makan siang yang kaya akan serat bisa menjadi sumber energi yang lebih awet. Selain itu serat juga dapat mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan. Menu makanan kaya serat sangat direkomendasikan bagi Sahabat yang dalam program diet, sebab serat dapat membantu mencapai berat badan yang normal. Serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan mengendalikan kadar gula pada tubuh.

Makanan yang merupakan sumber serat, antara lain :

  •         Kacang-kacangan
  •         Roti
  •         Buah, Seperti pisang, pepaya, dan lainnya.

Berikut beberapa pilihan menu bekal sehat yang mudah dibuat :

1) Roti gandum dengan isian daging atau telur

Roti gandum dengan isian berbagai macam sayur dan daging, sangat cocok untuk menu bekal makan siang. Menu makan siang yang tidak terlalu banyak, akan menghindari kita dari rasa ngantuk. Sebab, jika kita makan terlalu banyak, maka akan terasa malas untuk lanjut bekerja.

2) Salad buah atau sayur

Menu makan siang yang ini bisa menghilangkan rasa bosan kita dengan menu makan siang yang biasa saja. Menu ini juga sudah dijamin menyehatkan, karena tidak mengandung minyak. Sangat cocok bagi Sahabat yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Kedua bekal sehat diatas InsyaAllah menyehatkan, sehingga aktifitas kita selama di kantor semakin maksimal. Yuk Sahabat Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor, kreasikan bekal kita sendiri, sebagai langkah dalam menerapkan pola hidup sehat.

Share it on