News

Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal

Allah menciptakan segala sesuatu yang ada disekitar kita dengan manfaat yang terkandung didalamnya. Seringkali tumbuhan-tumbuhan yang ada disekitar kita merupakan obat dari suatu penyakit, namun kita tidak mengetahuinya. Seperti pohon korejat yang seringkali kita temukan. inilah Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal

Pohon korejat ini merupakan tanaman yang berasal dari Hindia Barat. Pohon korejat memiliki ciri-ciri : daun yang berwarna hijau tua dan ujungnya bergerigi. Panjang daunnya sekitar 5-10 cm dengan lebarnya hingga 3 cm. Pohon korejat ini memiliki bunga tunggal yang berwarna putih dan bentuknya seperti bintang dengan 5 kelopak yang mekar.

Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal

Pohon korejat termasuk tanaman liar. Pohon korejat cukup mudah untuk ditemukan. Sebab, sering tumbuh ditempat-tempat lembab seperti disekitar bebatuan, selokan, sungai, pinggiran sawah, dan lainnya.

Tumbuhan Isotoma longifora atau yang lebih dikenal dengan nama pohon korejat di sekitar daerah jawa ini menyimpan banyak sekali khasiat. Meskipun termasuk tanaman liar dan seringkali kita temukan di saluran air dan selokan, ternyata pohon korejat ini seringkali digunakan sebagai pengobatan herbal. Terutama bagian daun dan juga kembang dari pohon korejat ini.

Tetes mata dari bunga pohon korejat

Air bunga korejat dapat menjadi obat tetes mata alami. Obat tetes mata dari bunga korejat ini dapat mengobati mata rabun hingga katarak. Semakin parah kondisi mata, maka akan semakin terasa pedih rasanya. Meski terasa pedih di mata, namun khasiatnya benar-benar manjur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengobatan dengan menggunakan obat tetes mata bunga korejat ini bisa dilakukan secara rutin, 3 – 4 kali sehari.

Berikut cara untuk menggunakan bunga korejat sebagai obat tetes mata :

  1.       Petik beberapa bunga korejat lalu dibilas dengan air bersih
  2.       Celupkan bunga tersebut pada segelas air bersih selama beberapa menit
  3.       Ambil air nya dengan bunga atau batang bunganya
  4.       Teteskan pada mata

Pohon korejat sebagai obat berbagai penyakit

Dilansir dari Kompasiana.com, Telah terdapat beberapa penelitian yang meneliti tentang khasiat pohon korejat ini. Berikut beberapa manfaat atau khasiat dari pohon korejat yang telah dibuktikan oleh para peneliti :

  • Sebagai obat tetes mata. Bunga korejat dapat mengatasi masalah pada mata, juga baik untuk menjernihkan mata. Sebab, bunga korejat mengandung senyawa yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk mata.
  • Sebagai obat sakit gigi. Daun pohon korejat dapat meredakan sakit gigi. Daun korejat dapat meredakan rasa nyeri pada gusi.
  • Dapat mengatasi asma. Dapat mengatasi asma yang kambuh dan juga dapat membuat pernafasan lebih lega.
  • Mengatasi radang tenggorokan. Air rendaman bunga korejat juga dapat mengatasi radang tenggorokan.
  • Sebagai obat luka. Daun pohon korejat dapat membantu penyembuhan luka pada kulit. Luka yang diobati dengan daun korejat ini dapat lebih cepat kering.

Efek samping pohon korejat

Seperti kebanyakan obat herbal, meskipun pohon korejat ini memiliki banyak sekali khasiat, namun tetap dapat menimbulkan efek samping jika pemakainnya terlalu berlebihan. Para pakar telah meneliti, bahwa konsumsi korejat terlalu sering dan berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, getah dari pohon korejat ini mengandung zat beracun. Meskipun kadarnya sangat sedikit sekali.

Baca Juga : Inilah Manfaat Temulawak

Oleh karena itu sahabat, itulah Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal gunakanlah pohon korejat ini sesuai dengan dosisnya dan jangan terlalu berlebihan. Agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan. Seperti yang tadinya ingin mendapat hasil maksimal, malah menjadi sebab penyakit lainnya. 

Share it on