Griya Yatim & Dhuafa

Puasa Senin Kamis itu Menyehatkan, Ini Buktinya !

Menurut hasil penelitian, puasa adalah salah satu kebutuhan mendasar bagi banyak makhluk untuk bisa melangsungkan hidup mereka agar sehat dan berkembang. Dengan berpuasa, makhluk tersebut akan berada dalam kondisi yang lebih sehat dan lebih prima.

Sebagai manusia yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, kita meyakini dengan benar bahwa ada manfaat dari setiap syariat yang diturunkan, termasuk dalam syariat puasa. Allah mengatakan bahwa puasa memang memiliki kebaikan untuk manusia

“ …dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

(Qs. Al Baqarah 2 : 184)

Ayat ini seakan menjadi tantangan bagi manusia agar mereka mencari tahu dan meneliti lebih dalam bahwa puasa merupakan sesuatu yang dibutuhkan karena memang bermanfaat. Manfaat puasa secara tegas dan gambling disebutkan Rasulullah SAW dalam haditsnya yang singkat.

“ Berpuasalah, Maka kamu akan sehat”

(HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim)

Puasa terbukti memberi manfaat bagi Kesehatan tubuh. Dari hari ke hari, ilmu pengetahuan modern pun terus menemukan berbagai fakta rahasia serta faedah Kesehatan dan pengobatan dari disyariatkannya puasa sunnah ini.

1. Puasa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa adalah mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Puasa mampu merangsang produksi sel-sel darah putih baru, hal ini mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang memiliki sistem kekebalan yang telah di regenerasikan akan semakin kuat dalam menangkal berbagai infeksi bakteri, virus dan penyakit lainya.

2.   Puasa Mampu Mengobati Penyakit Maag

Selama ini banyak mitos puasa biasa membuat mag, namun penelitian terkini membuktikan sebaliknya. Puasa merupakan pengobatan yang paling tepat bagi penderita penyakit lambung dan penyakit yang menyerang organ pencernaan lainya selama itu bukan kelainan organik.

Penyakit lambung biasanya terjadi karena pencernaan telah dimasuki zat-zat kimia atau mengkonsumsi makanan secara berlebihan, sesungguhnya Allah telah memberi panduan sekaligus warning mengenai pola makanan ini dalam Al-Quran. “…Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan”. (Qs. Al A’raf :31). Jadi jelas bahwa makan terlalu banyak menjadi salah satu penyebab meningkatnya asam lampung.

3. Puasa Membantu Menurunkan Obesitas

Obesitas terjadi karena bertambahnya kadar lemak dari batas normal yang berkisar antara 15-18 % dari rata-rata berat tubuh lelaki dan 17-20 % dari rata-rata berat tubuh perempuan. Faktor yang mempengaruhi terjadinya kegemukan (obesitas) diantaranya faktor keturunan, efek samping obat-obatan, kehamilan, kurang tidur, bertambah usia. Dan akibat penyakit lainya.

Namun, faktor terbesar terjadinya obesitas adalah perubahan gaya hidup, asupan nutrisi yang semakin banyak dari makanan olahan, atau diet dengan tinggi kalori. Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan aktivitas membakar kalori sehingga kalori yang lebih menumpuk dalam bentuk lemak. Sebagaimana kita tahu, lemaklah yang menimbulkan kelebihan berat badan serta membuat badan menjadi lemah.

Puasa sunnah adalah bentuk diet terbaik untuk mengatasi obesitas jika dilakukan dengan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW yaitu sederhana dalam urusan makanan.

Yuk kak, kita sama-sama jalankan puasa senin kamis ini karena sangat banyak sekali manfaat dan bisa menjahui berbagai penyakit. Anak-anak yatim dan dhuafa di asrama kami pun diajarkan untuk puasa sunnah ini kak.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top