News

Qurban Domba Untuk Satu Orang atau Satu Keluarga?

Pengertian Qurban

Qurban atau Udhiyyah secara bahasa artinya hewan sembelihan. Secara istilah ibadah qurban merupakan menyembelih hewan sembelihan pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Ibadah qurban merupakan salah satu bagian dari syiar islam yang Allah syariatkan dalam Al-Qur’an. Lalu Qurban Domba Untuk Satu Orang atau Satu Keluarga? Yuk simak artikel ini.

Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (QS. Al-Kautsar: 1 – 3).

Pada Hari Raya Idul Adha, bagi yang tidak melaksanakan haji dan memiliki kelapangan harta, maka diwajibkan baginya untuk berqurban. Sebagaimana hadits Rasulullah : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berqurban, dan dia tidak mau berqurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad, Daruqutni, Baihaqi dan Al Hakim).

Qurban Domba Untuk Satu Orang atau Satu Keluarga?

Qurban itu memiliki beberapa ketentuan, salah satunya adalah jenis hewan yang sah untuk disembelih sebagai hewan qurban. Hewan-hewan yang sah untuk dijadikan hewan qurban adalah, kambing atau domba, sapi atau kerbau, dan unta.

 Unta dan sapi itu bisa kolektif untuk 7 nama. Dari Jabir, dia berkata : “Kami keluar bersama Rasulullah seraya berihram haji, lalu Beliau memerintahkan kami untuk berserikat di dalam unta dan sapi, setiap tujuh orang dari kami berserikat dalam satu ekor unta.” (HR. Muslim). Jadi, tidak sah hewan qurban yang dibeli dengan 8 orang atau lebih. Sedangkan domba hanya untuk 1 nama.

Jadi mana yang lebih utama? Patungan untuk qurban sapi, atau qurban domba masing-masing?

Syekh Khathib al-Syarbini berkata:

“Lebih utamanya macam-macam qurban dengan melihat pertimbangan syiar, adalah unta kemudian sapi, karena daging unta lebih banyak. Kemudian domba, kemudian kambing kacang, sebab lezatnya daging domba melebihi kambing kacang, kemudian berqurban kolektif dalam unta atau sapi. Adapun melihat daging, maka daging domba adalah yang terbaik. Tujuh ekor kambing lebih utama dari satu ekor unta atau sapi. Satu ekor kambing lebih utama dari qurban unta atau sapi secara kolektif, sebab menyendiri dalam mengalirkan darah,” (Syekh Khathib al-Syarbini, al-Iqna’ Hamisy Hasyiyah al-Bujairimi, juz 4, hal. 334).

Qurban Satu Domba Juga Bisa Untuk Satu Keluarga

Qurban satu kambing itu bisa diniatkan untuk satu keluarga juga. Dari Atha bin Yasar, ia berkata : “Aku pernah bertanya pada Ayyub Al-Anshori, bagaimana qurban di masa Rasulullah? Lalu, beliau menjawab: ‘Seseorang biasa berqurban dengan seekor kambing yang diniatkan untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu, mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.’” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Yuk Qurban 1/7 SAPI di Griya Yatim & Dhuafa

Qurban satu domba untuk satu keluarga itu disahkan. Namun, nama yang disebutkan dalam doa tetap satu nama, yaitu kepala keluarganya. Pada dasarnya, secara fikih formal, qurban satu ekor domba adalah untuk satu orang. Jadi tidak sah jika ada orang bergabung 2 atau 3 orang tetapi menyembelih satu ekor domba.

Namun, dari sisi pahala qurban, satu ekor domba bisa berbagi pahala untuk satu keluarga. Artinya, dibolehkan menyertakan orang lain atau keluarganya dalam pahala qurban untuk satudomba tersebut. Jadi dua hal ini harus dipisahkan, antara qurban dan pahala.

Rasulullah pun berqurban dengan 2 domba, untuk dirinya, keluarganya, dan umatnya. Rasulullah berdoa : “Ya Allah ini, qurban, dariku dan dari umatku yang tidak berqurban.” (HR. Abu Daud). Namun, lebih utama jika satu domba itu hanya untuk satu orang saja.

Yuk Sahabat, jadi Qurban Domba Untuk Satu Orang atau Satu Keluarga? Segera Tunaikan qurban tahun ini, Bersama Griya Yatim & Dhuafa Insyaa Allah Berkah.⠀

Harga hewan qurban :⠀

  • Domba = 2.600.000 ⠀
  • Sapi 1/7 = 2.400.000⠀
  • Sapi utuh = 16.800.000⠀

Transfer Qurban :⠀

BCA : 899 0717 100⠀

Mandiri : 164 0023 3023 36⠀

A.n Yayasan Griya Yatim & Dhuafa

Link Qurban : https://bit.ly/SpiritOfQurban

Email Qurban : gydqurban@gmail.com

Yuk Sahabat, siapkan qurban terbaik kita. Semoga Allah terima qurban yang kita tunaikan. Aamiin…

Share it on