Griya Yatim & Dhuafa

Qurban Yang Lebih Utama Bersama Yatim & Dhuafa

Pengertian Qurban

Qurban atau Udhiyyah secara bahasa artinya hewan sembelihan. Secara istilah ibadah qurban merupakan menyembelih hewan sembelihan pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Ibadah qurban merupakan salah satu bagian dari syiar islam yang Allah syariatkan dalam Al-Qur’an.

Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (QS. Al-Kautsar: 1 – 3).

Berqurban Itu Amalan Yang Utama

Qurban Yang Lebih Utama Bersama Yatim & Dhuafa

Berqurban itu amalan yang utama. Sebab berqurban itu merupakan ibadah yang dilakukan di hari yang istimewa, yaitu pada Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Berqurban itu memiliki keutamaan yang tidak berbeda jauh dengan Haji. Berqurban juga merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah.

Dari Aisyah ra, Rasulullah bersabda : “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR Tirmidzi).

 

Selain itu, utamanya ibadah qurban ini mendapatkan ampunan dari Allah. Dalam sebuah hadits disebutkan Rasulullah bersabda pada Fatimah : “Ya Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Swt, Rabb alam semesta.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).

Lebih Utama Qurban Bersama Yatim & Dhuafa

Berqurban memiliki banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Namun tahukah Sahabat, ada qurban yang lebih utama. Yaitu qurban bersama anak-anak yatim & dhuafa.

Kenapa lebih utama?

Sebab, jika kita melaksanakan qurban bersama yatim & dhuafa, kita akan mendapatkan 3 keutamaan sekaligus. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain :

 

  • Mendapat pahala melaksanakan qurban

 

Melaksanakan qurban merupakan kewajiban bagi yang mampu. Jika seseorang memiliki kelapangan dalam hal itu maka hukumnya wajib. Sebagaimana hadits Rasulullah : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda : “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad, Daruqutni, Baihaqi dan Al Hakim).

Sebagaimana pahala ibadah wajib, kita juga mendapatkan pahala yang lebih besar lagi. Banyaknya pahala yang didapat oleh orang yang berqurban diumpamakan seperti banyaknya bulu dari hewan yang disembelih. Ini merupakan gambaran betapa besarnya pahala yang akan didapat oleh orang yang berqurban. Sebagaimana sabda Rasulullah : “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan memperoleh (pahala) satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

 

  • Dapat membahagiakan anak yatim dan dhuafa

 

Dengan berqurban bersama Griya Yatim & Dhuafa, Sahabat juga bisa untuk sekaligus membahagiakan anak-anak yatim dan dhuafa. Qurban itu akan menjadi keceriaan para anak-anak yang telah menantikannya.

 

  • Mendapat kebaikan doa anak-anak yatim & dhuafa

 

Dengan berqurban bersama yatim & dhuafa kita juga akan mendapatkan kebaikan doa dari anak yatim & dhuafa. Doanya anak-anak yatim & dhuafa adalah doa yang mustajab dan didengar oleh Allah. Dengan di doakan oleh anak-anak yatim & dhuafa, insyaaAllah qurba kita diterima oleh Allah dan kita akan mendapatkan keberkahan.

Sahabat, 3 keutamaan tersebut dapat kita raih dengan berqurban bersama Griya Yatim & Dhuafa. Sahabat, Yuk gabung bersama LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa (GYD) dalam program qurban tahun ini.

 

Harga hewan qurban :

– Domba = 2.600.000 (23-27 kg)

– Sapi 1/7 = 2.400.000 (230-270 kg)

– Sapi utuh = 16.800.000 (230-270 kg)

 

Transfer Qurban :

BCA : 899 0717 100

Mandiri : 164 0023 3023 36

A.n Yayasan Griya Yatim & Dhuafa

Link Qurban : https://bit.ly/SpiritOfQurban

Email Qurban : gydqurban@gmail.com

Yuk sahabat, persiapkan diri dengan qurban terbaik kita untuk menyambut Hari Raya Idul Adha.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top