Griya Yatim & Dhuafa

Rahasia Kesehatan dibalik Ibadah

Ibadah yang kita lakukan kak merupakan yang sangat luar biasa. Karena ibadah-ibadah itu perintah dari Allah, sehingga wajar sekiranya terdapat rahasia kesehatan dibalik ibadah yang kita jalani tiap waktu. Setiap yang Allah syariatkan mengandung rahasia menakjubkan. Tak jarang ketika penelitian non muslim sebuah rahasia dari syariat Allah, mereka bergegas masuk Islam.

1. Rahasia dibalik Wudhu

Wudhu merupakan ibadah yang sangat penting dan sangat sering di lakukan oleh kaum muslimin kak. Secara harfiah, al wudhu’ bermakna kebersihan, kebaikan dan kerapian. Menurut ilmu fiqih, wudhu adalah penggunaan air yang suci untuk berwudhu, Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan basuh kakimu sampai dengan kedua mata kaki….”(QS. Al-Maidah : 6). 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : “Jika seorang mukmin berwudhu membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya segala dosa yang di akibatkan oleh penglihatan matanya seiring dengan jatuhnya air atau tetes air terakhir dari wajahnya. Ketika ia membasuh tangan, keluarlah segala dosa yang di lakukan tangannya seiring dengan jatuhnya air atau tetes air terakhir dari tangannya. Ketika ia membasuh kakinya, keluarlah dosa yang di lakukan karena kakinya, sehingga setelah berwudhu ia keluar dalam keadaan bersih dari segala dosanya.”

Rahasia Kesehatan dibalik Ibadah

Wudhu ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Di buktikan oleh Profesor Leopold Werner Von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Australia. Ia menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam berwudhu, karena dalam wudhu dapat merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Karena keselarasan air dengan wudhu dapat titk-titk syaraf, kondisi tubuh senantiasa akan sehat.

2. Rahasia dibalik shalat 5 waktu

Shalat merupakan suatu ibadah yang dapat dilakukan oleh setiap manusia tanpa membedakan usia maupun jenis kelamin. Setiap orang bisa melakukannya kak, kapan saja sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Manfaat shalat bagi kita kak, yang paling utama adalah mendapatkan ridha dan hidayah Allah yang membuat kita kak menjadi orang yang bertakwa dan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Shalat juga mempunyai peranan yang sangat penting bagi terwujudnya ketenangan hati dan ketentraman jiwa, sehingga mampu menghidari kegelisahan dan stress yang berat. ketika seseorang mendirikan shalat, ia berserah diri sepenuhnya dan mengharap pertolongan Allah untuk menjaganya dari segala keburukan dan kesulitan.

3. Keajaiban Sedekah

Sedekah adalah sebagai ikhtiar seseorang untuk mengobati penyakit yang selama ini tengah ia derita. Dan salah satunya dengan kesembuhan dari berbagai penyakit jiwa dan raga. Realita ini telah di praktekkan oleh sejumlah orang yang telah terbukti khasiatnya. Hal ini di tunjukkan oleh sebuah hadits, “Obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah.”

Seseorang bertanya kepada Ibnu Mubarak tentang luka bernanah di lututnya selam tujuh tahun, dan para dokter telah angkat tangan menyerah mengobatinya. Ibnu Mubarak menyuruh orang itu untuk menggali sumur di tempat orang membutuhkan air, ia berkata “Saya berharap ada mata air yang mengalir dari sumur tersebut sehingga darah tidak keluar lagi dari tubuhmu.” 

Baca Juga : Inilah Manfaat mendirikan Shalat

Selain itu sedekah juga  mampu mengobati penyakit hati, yaitu kikir. Sebab secara fitrah kak, manusia mencintai hartanya. Banyak ayat yang menunjukkan betapa besar kecintaan manusia terhadap harta benda. Dengan bersedekah pada hakikatnya seseorang tengah mengikis dari sifat kikirnya yang mungkin saja selama ini bersemayam di dalam dirinya. Bila ia mampu mengalahkan kekikirannya yang ada dalam dirinya maka ia mendapatkan keberuntungan. Sebagaimana Allah berfirman: “Dan siapa yang di pelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.’’(QS. Al-Hasyr : 9).

Sedekah adalah salah satu saran untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Membuktikan bahwa sedekah merupakan saran yang sangat luar biasa dalam menuju kehidupan akhirat kelak, baik selamat dari mara bahaya maupun yang tidak di inginkan. Rasulullah bersabda :  “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan.”

Itulah Rahasia Kesehatan dibalik Ibadah yang kita jalani tiap waktu. Yuk Kak, kita bersedekah untuk anak-anak yatim dan dhuafa dengan klik tombol di bawah ini : 

 

English EN Indonesian ID
Scroll to Top