Griya Yatim & Dhuafa

Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah
                          Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Donasiberkah.id – Sedekah berasal dari bahsa Arab, yakni shodaqoh. Sedekah memiliki arti menginfaqkan sebagian harta di jalan Allah seperti memberikan bantuan kepada anak yatim, fakir, miskin atau orang yang membutuhkan. Dan sedekah sendiri salah satu anjuran yang  Allah perintahkan kepada manusia. Hikmah dari sedekah sangat luar biasa.

Baca Juga : Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan

Allah Akan Membalas Dengan Balasan Yang Luar Biasa

Sedekah jadi kunci untuk dimudahkan rezeki atau diberikan kekayaan oleh Allah. Setiap sedekah yang diberikan seorang muslim, baik berupa harta, makanan atau pakaian terhadap orang yang membutuhkan, maka Allah akan membalasnya berkali lipat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Perumpamaan orang yang berinfak di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Baca Juga : Sedekah Menghapus Kesalahan

Ayat ini merupakan motivasi besar sekaligus jaminan dari Allah bahwa bersedekah itu tidak akan pernah membuat miskin. Justru sebaliknya, bersedekah akan menjadikan harta seseorang semakin bertambah berkah.

Sedekah Bukti Ketakwaan Seseorang

Dalam Islam sedekah merupakan bukti ketakwaan seseorang kepada Allah Ta’ala. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, “Bertaqwalah kamu kepada Allah di manapun kalian berada. Iringi lah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapus keburukan. Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang mulia.

Baca Juga : Keberkahan Dalam Bersedekah

Kebaikan yang dapat manusia lakukan adalah salah satunya melaksanakan sedekah. Sedekah memiliki keutamaan yang dapat menghapus dosa-dosa. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah itu dapat menghapuskan dosa, sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. At Tirmidzi).

Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah
Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Selain itu sedekah tidak hanya berupa harta yang bersifat materi saja, namun juga amalan kebaikan yang lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu memadamkan anatara dua orang yang berselisih adalah sedekah, kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat shalat juga dihitung sedekah, Dan menyingkir kan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari & Muslim).

Di dalam hadits di atas menerangkan bahwa amalan sedekah merupakan amalan yang sangat luas, tidak hanya terbatas pada materi saja. Mka sudah saatnya sedekah dijadikan sarana kebaikan yang terus kita optimalkan. Agar kehidupan yang kita jalani mendapatkan hadiah dari Allah. Yakni berupa keberkahan dan kemudahan di dalam setiap urusan kita.

Baca Juga : Raih Tiket ke Surga Dengan Bersedekah

Yuk Tunaikan Sedekah

Yuk kak donasi melalui link kebaikan di bawah ini , ketahuilah bahwa akan memberi balasan kepada hambanya yang melakukan amalan sedekah. “…Sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah.” (QS. Yusuf : 88).

Donasi Sekarang Griya yatim
                Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top