Griya Yatim & Dhuafa

Raih Keberkahan dalam Makan Sahur

Sudah sahurkah sahabat, atau baru mau mulai atau sudah selesai ? yang terpenting jangan sampai melewatkan sahur ya sahabat. Makan sahur ternyata bukan hanya baik untuk stamina, lebih dari itu, makan sahur mengandung keberkahan yang tentunya baik untuk jasmani dan rohani.

Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :⠀Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,⠀”Makan sahurlah kalian, karena pada sahur itu terdapat keberkahan.”⠀ (HR. Bukhari dan Muslim)⠀

BACA JUGA :

BERBAGI HIDANGAN BERBUKA PUASA KEPADA LANSIA

YaNg dimaksud berkah adalah turunnya dan tetapnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. berkah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Namun patut diketahui bahwa berkah itu datangnya dari Allah yang hanya diperoleh jika seorang hamba mentaati-Nya.

Inilah Beberapa Keberkahan yang dapat didapat ketika makan sahur, Yaitu :

  1. Memenuhi perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan mentaati beliau disebutkan dalam ayat, “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.” (QS. An Nisaa’: 80).
  2. Dengan makan sahur, keadaan fisik lebih kuat dalam menjalani puasa. Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206).
  3. Waktu makan sahur adalah waktu yang diberkahi. Karena ketika itu, Allah turun ke langit dunia. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145  dan Muslim no. 758).
  4. Waktu sahur adalah waktu utama untuk beristighfar. Sebagaimana orang yang beristighfar saat itu dipuji oleh Allah dalam beberapa ayat, “Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.”  (QS. Ali Imran: 17).
  5. Orang yang makan sahur dijamin bisa menjawab adzan shalat Shubuh dan juga bisa mendapati shalat Shubuh di waktunya secara berjama’ah. Tentu ini adalah suatu kebaikan.

Insya Allah jika kita berperilaku dan beramal karena dasar ketaatan kepada-Nya, maka kita akan meraih keberkahan. Aamiin⠀

Yuk sahabat, raih juga keberkahan dengan selalu berbagi dengan Yatim & Dhuafa, bulan berkah moment tepat meraih berkah

English EN Indonesian ID
Scroll to Top