Griya Yatim & Dhuafa

Raihlah Ketenangan Hati

Raihlah Ketenangan Hati
                                                Raihlah Ketenangan Hati

Donasiberkah – Sahabat, ketenangan hati merupakan sesuatu hal yang sangat manusia butuhkan dalam menjalani segala aspek dalam kehidupan. Mulai dari hal ibadah, mencari nafkah dan hal-hal lainnya. Apabila dalam menjalaninya kita tidak memiliki ketenangan, maka yang timbul hanya akan ada rasa khawatir dan bersedih hati dalam benak kita.

Baca Juga : Yuk Hidupkan Hati Dengan Memberikan Nutrisinya

Butuhnya Keistiqomahan Dalam Menjalani

Maka dari itu istiqomah sangatlah penting dalam kehidupan orang-orang yang beriman, maksudnya ialah istiqomah dalam meyakini bahwa sesungguhnya Allah lah yang mengurus segala urusan kita. Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar semaksimal mungkin dan menyerahkan hasilnya kepada ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang berkata, ‘Rabb kami adalah Allah,’ kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati.” (QS. Al-Ahqaf : 13).

Dan jangan lupa setiap amalan yang kita lakukan di iringi dengan berdzikir kepada Allah. Sebab dzikir adalah sebuah amalan yang menenangkan hati dan senantiasa menjauhkan kemaksiatan dan mengingat akan tanda-tanda kebesaran dan keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Memang pandangan manusia amalan dzikir ini ringan dan mudah, namun banyak sekali manusia kesulitan. Oleh karena itu, dzikir harus dengan kebiasaan dan keistiqomahan.

Raihlah Ketenangan Hati
                 Raihlah Ketenangan Hati

Ketenangan Hati Yang Sesungguhnya

Maka sudah sewajibnya seorang Muslim membiasakan diri untuk mengingat Allah, dengan memperbanyak amalan dzikir dimanapun dan kapan pun. Kak, mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang Allah ciptakan yang memiliki dua keburukan yakni luput dan dosa, maka dzikir adalah jalan yang terbaik untuk memohon ampunan.

Hakikatnya amalan dzikir memiliki keutamaan yang besar, diantara keutamaan yang besar itu, menjadikan hati seseorang menjadi tenang. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’d : 28).

Inilah kunci untuk meraih ketenangan hati yang sesungguhnya, sebab memiliki hati yang tenang dan tentram serta dijauhkan dari kegelisahan dan kekhawatiran adalah sebuah kebutuhan yang dicari oleh kebanyakan manusia. Namun sebaliknya, jika hati ini dilanda dengan kegelisahan dan kekhawatiran dapat menyebabkan seseorang merasa sempit dan ketakutan.

Baca Juga : Tatkala Hati Bersedih

Membedakan Hati Yang Hidup & Mati

Sebab amalan dzikir ini yang akan membedakan antara hati yang hidup dengan hati yang mati. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-nya laksana orang hidup dan orang yang mati”. ( HR. Bukhori).

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top