Griya Yatim & Dhuafa

Ramadhan Jalan Menuju Taubat 

Griya Yatim Dhuafa
Ramadhan Jalan Menuju Taubat
                                             Ramadhan Jalan Menuju Taubat

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, Tahukah tobat adalah salah satu perbuatan yang Allah sangat cintai, kok, bisa? Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : katakan, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri sendiri, kalian jangan berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa. Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar : 53). Inilah artikel tentang Ramadhan jalan menuju taubat, yuk kita simak.

Baca Juga : Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan

Gunakan Bulan Ramadhan Ajang Perbaiki Diri 

Kak, maka hal yang paling mulia bagi seorang Muslim di momen bulan Ramadhan adalah tobat, kembali ke jalan Rabb-Nya, melakukan introspeksi diri, serta membuka kembali lembaran dan sejarah hidupnya. Pintu-pintu taubat selalu terbuka, anugerah Allah selalu tersedia untuk hamba-Nya yang menginginkannya.

Bulan Ramadhan ini adalah musim taubat dan ampunan. Ia juga merupakan bulan toleransi dan bulan saling memaafkan. Bulan ini sangatlah berharga daripada barang-barang berharga lainnya. Sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Allah membentangkan tangan-Nya malam hari untuk mengampuni orang yang melakukan dosa siang hari. Dan membentangkan tangan-Nya siang hari untuk mengampuni orang yang berbuat dosa di malam hari, hingga matahari terbit dari tempatnya terbenam.” (HR. Muslim).

Ramadhan Jalan Menuju Taubat
          Ramadhan Jalan Menuju Taubat

Ingat! Ampunan Allah Yang Begitu Luas 

Kak, kesalahan-kesalahan yang kita perbuat sangatlah banyak, namun ampunan yang Allah berikan jauh lebih banyak. Dosa yang kita lakukan sangat besar, akan tetapi rahmat-Nya jauh amat besar. Maksiat yang kita lakukan di setiap harinya sangat melimpah. Akan tetapi ampunan Allah jauh lebih melimpah.

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah. Lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran : 135).

Sahabat, manusia tak pernah berhenti untuk berbuat salah. Setiap kali melakukan kesalahan, mereka mengakui kesalahan itu, setiap kali berbuat kesalahan dan dosa, mereka meminta ampunan, dan Allah memberikan ampunan-Nya kepada mereka. 

“Sungguh merugi orang yang memperoleh kesempatan merasakan bulan Ramadhan akan tetapi tidak di ampuni dosanya.” (HR. Tirmidzi).

Sahabat, di atas menginformasikan tentang kesempatan yang mungkin tidak akan terulang kembali. Adakah orang yang mau menggunakan kesempatan ini? Maka, bagi hamba yang menjauhi dosa besar di bulan Ramadhan, dosanya selama setahun akan dihapus.

Wahai orang-orang yang berpuasa, bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi kita untuk bertaubat dengan tulus. Hari-hari di bulan ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita, apakah kita akan menyia-nyiakan kesempatan ini? Kak, di antara tanda diterimanya taubat seseorang yang berpuasa adalah bersungguh-sungguh, bertekad tidak akan mengulangi dosa kembali. 

Baca Juga : Ramadhan Bulan Ampunan

Bersungguh-Sungguh Dalam Meraih Ampunan Allah 

Kak, kita telah memasuki hari-hari di bulan Ramadhan, jangan sampai hari-hari di bulan Ramadhan ini berlalu begitu saja, tanpa kita gunakan dengan benar, tanpa kita gunakan untuk jalan menuju taubat. Maka, sangatlah merugi orang yang menjalani hari-hari di bulan Ramadhan tanpa adanya ampunan dari Allah. Jangan lupa kak, untuk melakukan amalan kebaikan, salah satunya amalan sedekah. Untuk mempermudah melakukan amalan sedekah bisa melalui link kebaikan di bawah ini: 

 

Donasi Sekarang Griya yatim
              Donasi Sekarang Griya yatim
70 views