Griya Yatim & Dhuafa

Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu 

Griya Yatim Dhuafa
Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu
                               Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, begitu cepat umur dan hari berlalu, Allah menggambarkan jawaban dari orang orang-orang yang menghabiskan waktunya dengan bermain-main. Mereka menggunakannya dengan perbuatan yang sia-sia di dunia, dan mereka kelak akan menyesal di hari kiamat nantinya. Inilah artikel tentang ramadhan mengajarkan untuk menjaga waktu, yuk kita simak.

Baca Juga : Bertambah Iman Di Bulan Ramadhan

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Berapa tahun kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab, “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.” Allah berfirman, “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu mengetahui.” Maka apakah kamu mengira bahwa bahwa sesungguhnya kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah yang sebenarnya, tiada Rabb selain Dia, Rabb (mempunyai) ‘arasy yang mulia.” (QS. Al-Mukminun : 112-116).

Jangan Terlena Dengan Waktu

Sahabat, orang-orang shalih mengatakan bahwa umur itu sangat pendek dan jangan sampai melalaikan kamu. Sebab, kelalaian bukan hanya memperpendek usia, ia dapat menghancurkan hari. Banyak dari kita memiliki waktu yang luang, sehat, dan masih memiliki umur yang panjang.Namun dirinya tidak memanfaatkan dan menggunakannya dengan baik. 

Sahabat, umur bagaikan mutiara, orang yang menghabiskan waktunya untuk di jalan Allah, akan mendapatkan mutiara tersebut. Dia akan mendapatkannya pada hari di mana harta, benda dan anak tak lagi dapat membantunya. Hanya orang yang berhati bersih yang selamat di sisi-Nya. Jika umur digunakan untuk kemaksiatan, kelalaian, main-main dan bersenda gurau dia akan sangat menyesal.

Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu
 Ramadhan Mengajarkan Untuk Menjaga Waktu

Malam dan siang hari dapat menghantarkan seseorang kepada kebahagiaan abadi atau kerugian yang kekal. Ulama-ulama terdahulu menggunakan waktunya dengan sebaik-baik mungkin, hingga ada beberapa kisah-kisah mereka. Salah satu kisahnya adalah Junaid bin Muhammad tetap meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an kendati kematian sudah di depan mata. 

Sahabat, bagi seorang Muslim, bulan Ramadhan adalah sebuah kesempatan yang terbaik untuk mengatur dan memanfaatkan waktu guna mendekatkan diri kepada Allah. Orang yang berpuasa sering kali melupakan waktu siang untuk beribadah, karena dia sibuk menyiapkan makanan berbuka. Bahkan yang lebih parahnya lagi, mereka menggunakan untuk tidur seharian penuh.

Gunakan Waktu Ramadhan Dengan Sebaik-Baik

Padahal waktu yang kosong orang yang berpuasa dapat digunakan untuk menambah waktu ibadah dan kesempatan terbaik untuk melakukan amalan kebaikan. Maka, ada sebagian orang yang tidak memahami makna puasa. Orang itu benar-benar berada dalam kelalaian yang sangat besar.

Baca Juga : Bulan Suci Ramadhan Menata Iman

Yuk Kak, kita gunakan waktu dengan melakukan amalan-amalan kebaikan di bulan yang penuh keberkahan ini. Salah satunya, dengan cara bersedekah untuk makan sahur dan juga berbuka di link kebaikan di bawah ini: 

Donasi Sekarang Griya yatim
          Donasi Sekarang Griya yatim
161 views