Griya Yatim & Dhuafa

Sahabat Nabi berlomba-lomba dalam Bersedekah

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang mulia. Sehingga Allah Ta’ala ridha atas mereka, mereka mengabungkan ilmu serta amal dalam kehidupannya, para sahabat mengorbankan harta, jiwa serta raganya untuk islam dan kaum muslimin. Para sahabat berlomba-lomba dalam bersedekah untuk mencari ridha Allah semata. Inilah kisah Sahabat Nabi berlomba-lomba dalam Bersedekah, yuk kita simak agar mendapat pelajaran.

Oleh karenanya, merekalah tauladan kita setelah para Nabi dan Rasul. Di antara keteladanan yang mereka berikan kepada kita adalah keteladanan dalam bersedekah. Demi Agama Islam dan kaum muslimin, harta yang mereka miliki seakan-akan tidaklah berarti. Mereka berlomba-lomba dalam hal kebaikan, sebanyak apapun yang di butuhkan untuk Islam mereka akan memberikan sesuai dengan apa yang mereka miliki.

Kisah Umar Bin Khattab & Abu Bakar

Salah satunya adalah kisah perlombaan sedekah antara Umar bin Khattab dan Abu Bakar ini terjadi pada peristiwa Perang Tabuk, dimana pada waktu itu Rasulullah SAW menyeru kepada para sahabatnya untuk memberikan sedekah sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Sahabat Nabi  berlomba-lomba dalam Bersedekah  

Umar bin Khattab RA. pada saat itu memiliki harta kekayaan yang hendak disedekahkan untuk Islam. Dalam hatinya, ia merenung, “setiap saat Abu Bakar selalu membelanjakan hartanya lebih banyak dari apa yang telah saya belanjakan di jalan Allah.” Umar berharap dengan karunia Allah, semoga dapat membelanjakan harta di jalan Allah lebih dari Abu Bakar kali ini, saat itu Umar RA mempunyai dua harta kekayaan untuk di belanjakan di jalan Allah Ta’ala.

Kemudian ia pulang ke rumahnya untuk membawa harta yang akan disedekahkannya, dengan perasaan gembira sambil membayangkan bahwa pada hari ini ia akan bersedekah lebih banyak  dari  Abu Bakar RA. Oleh karena itu, segala yang ada di rumahnya ia ambil setengahnya untuk disedekahkan kepada Rasulullah.

Sahabat Nabi berlomba-lomba dalam Bersedekah

Lantas Umar RA. membawa harta itu kepada Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam. Pada saat itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar RA, “Apa ada yang kamu tinggalkan untuk keluargamu, wahai Umar bin Khattab?” Umar pun menjawab, “Ya, ada yang saya tinggalkan, wahai Rasulullah.” Rasulullah bertanya, “Seberapa banyak yang telah kamu tinggalkan untuk keluargamu?” Ia menjawab, “Saya telah tinggalkan setengahnya.”

Sahabt Nabi Berlomba-lomba dalam bersedekah

Tidak berapa lama kemudian Abu Bakar datang dengan membawa seluruh harta bendanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Umar bin Khattab RA  berkata, “Saya mengetahui bahwa beliau telah membawa seluruh harta benda miliknya. Begitulah pembicaraan yang saya dengar dari pembicaraan antara beliau dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada Abu Bakar, “Apakah yang kamu tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar?” Abu Bakar menjawab, “Saya meninggalkan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka (saya tinggalkan dengan keberkahan nama Allah Ta’ala dan Rasul-Nya serta keridhaan-Nya).” Mendengar hal itu Umar bin Khattab RA.  berkata, “Sejak saat itu saya mengetahui bahwa sekali-kali saya tidak dapat melebihi Abu Bakar.”

Yuk Kak, mari berlomba-lomba dalam hal bersedekah, karena di dalam harta yang kita keluarkan untuk di jalan Allah. Akan memberikan keberkahan. Aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top