Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya 

Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya
                            Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya

Donasiberkah.id Sahabat dermawan, kita perlu sadari dan selalu ingat bahwa dunia ini hanya sementara saja. Hendaknya kita sadar bahwa dunia yang kita cari dengan susah payah ini tidak akan bisa kita bawa menuju kampung yang abadi kita, yakni kampung akhirat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Harta yang kamu makan akan habis, harta yang kamu pakai akan usang, tapi harta yang kamu sedekah kan akan menjadi tabunganmu” (HR. Muslim).

Baca Juga : Allah Akan Melipat Gandakan Pahala Sedekah

Di dalam kandungan hadits tersebut, pada hakikatnya harta yang kita punya hanya tiga saja, maka selebihnya bukanlah harta kita. Sebab harta yang kita kumpulkan, harta yang kita tumpuk, bisa jadi bukan kita yang menikmatinya. Akan tetapi hanya sekedar memiliknya saja. Tiga harta yang kita nikmatinya, itu pun bersifat hanya sementara saja, yakni.

Makanan Yang Kita Makan  

Kak, makanan yang berada di dapur , makanan yang berada di kulkas belum tentu kita yang menikmatinya. Dan pada hakikatnya makanan yang kita makan hanyalah sesaat saja, hanya melewati lidah dan akan dikeluarkan kembali melalui anus.

Pakaian Yang Kita Miliki

Kak, pakaian dan sarana yang kita miliki seperti kendaraan, sepatu, rumah yang megah, yang pada saat ini yang kita banggakan dan kita nikmati. Semua adalah bersifat sementara dan hanya sebuah titipan yang Allah berikan. Nanti pada waktunya rumah itu akan diwariskan, pakaian akan lenyap dan lain-lain.

Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya
    Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya

Sedekah

Kak, sedekah inilah harta yang sesungguhnya, sebab orang yang selalu mengeluarkan hartanya (sedekah) di jalan Allah, ia akan datang melindunginya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari Kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: ”Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR Al-Baihaqi – Al-Hakim – Ibnu Khuzaimah).

Jangan Menjadi Orang Yang Merugi 

Dan jangan sampai kita termasuk orang yang merugi di akhirat kelak, sebab kita mengumpul kan harta, akan tetapi sia-sia . Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Manusia berkata, “Hartaku-hartaku.” Beliau bersabda, “Wahai manusia, apakah benar engkau memiliki harta? Bukankah yang engkau makan akan lenyap begitu saja? Bukankah pakaian yang engkau kenakan juga akan usang? Bukankah yang engkau sedekah kan akan berlalu begitu saja? ” (HR. Muslim).

Baca Juga: Sedekah Kunci Kebahagian Dunia & Akhirat

Yuk Sedekah di Laznas Griya Yatim & Dhuafa

Yuk Kak, kita sedekahkan sebagian dari harta yang kita miliki di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, untuk kesejahteraan anak yatim & dhuafa. Sebab ada banyak sekali manfaat dari sedekah yang kita lakukan, baik itu bagi si penerima maupun yang memberi.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top