Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta

Griya Yatim Dhuafa
Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta
                             Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta

Donasiberkah.idSahabat, seperti yang kita ketahui negeri kita sedang dilanda duka dimana-mana. Ini merupakan ujian kita Bersama yang harus kita lewati Bersama. Janganlah bersedih, tetaplah semangat karena ujian adalah salah satu bentuk cinta Allah kepada hambanya. Saat kita diuji, saat itulah Allah sedang sayang-sayanya kepada umatnya.

“Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barang siapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barang siapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.” (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga : Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang

Jika ujian adalah bentuk cinta Allah kepada kita, lantas seperti apakah bentuk cinta kita kepada harta yang kita miliki? Mencintai harta bisa dengan menjaga harta tersebut, dan salah satu cara menjaga harta adalah dengan menunaikan sedekah.Seperti yang kita ketahui kisah Sahabat Abu Thalhah yang bersedekah bentuk rasa cintanya terhadap hartanya.

Sedekah Adalah Bentuk Kebaktian Yang Sempurna

“Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebaktian (yang sempurna) sebelum menafkahkan sebagian harta yang paling kamu cintai.” (QS. Ali-Imran : 92). Maka ketika ayat ini turun, Abu Thalhah segera menjumpai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Ya Rasulullah, aku sangat mencintai kebunku, (Birha). Dan Allah memerintah kan untuk mengorbankan harta yang paling kita cintai sebagai bentuk cinta terhadap harta.

Kisah Sahabat Thalhah

Maka Sahabat Thalha mengorbankan harta yang paling dicintainya untuk fi sabilillah. Maka ketika Rasulullah mendengar, Nabi menampakkan rasa gembira yang luar biasa. Beliau bersabda : “Harta yang sangat berharga. Menurutku, bagikanlah harta ini kepada kaum kerabatmu yang memerlukannya.” Kemudian Abu Thalhah membagikan hartanya itu kepada sanak saudaranya.

Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta
 Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta

Sahabat, semakin banyak yang disedekahkan maka semakin baik. Hanya saja kadar banyak dan sedikitnya sedekah. Sehingga yang paling utama adalah yang terbanyak dari kemampuan yang kita berikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sedekah satu dirham bisa melampaui seratus ribu dirham.” Para Sahabat bertanya. Bagaimana bisa? Rasulullah menjawab, “Seseorang hanya, memiliki dua dirham lalu menyedekahkan satu dirham, sedang orang yang lain memiliki harta melimpah lalu lalu mengambil sejumput hartanya senilai seratus dirham, lalu ia bersedekah dengannya.” (HR. An-Nasa’i).

Baca Juga : Sedekah Menghapus Kesalahan

Yuk Tunaikan Sedekah

Yuk Kak, cintai harta kita, jaga harta yang kita miliki dengan sedekah di  Laznas Griya Yatim & Dhuafa,, melalui link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
  Donasi Sekarang Griya yatim
115 views