Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Bukti Keimanan Kita

Sedekah (shodaqoh) sudah menjadi umum bagi semua kalangan, pelakunya disebut sebagai orang yang baik. Tahukah Anda bahwa sedekah merupakan bukti keimanan seseorang? Lihat saja akar katanya, sedekah berasal dari kata ash-Shidiq yang berarti jujur.

Di antara kebaikan yang akan bermanfaat bagi seorang manusia kelak di akhirat adalah shadaqah yang dia berikan ketika dia hidup di dunia. Allah ta’ala berfirman:

“Dan barang-barang baik yang engkau semua nafkahkan itu adalah untuk dirimu sendiri dan engkau semua tidak menafkahkannya melainkan karena mengharapkan keridhaan Allah, juga barang-barang baik yang engkau semua nafkahkan itu, niscaya akan dibalas kepadamu dan tidaklah engkau semua dianiaya.” (Al Baqarah: 272)

Sedekah Bukti Keimanan Kita

Tahukah sahabat apa saja bukti Keimanan kepada Allah? 

Salah satu bukti keimanan seorang muslim adalah shadaqah. Ini ditunjukkan dalam hadits dari sahabat Al Harits bin Ashim Al Asy’ari, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :“Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan ‘Alhamdulillah’ akan memenuhi timbangan, ‘subhanallah walhamdulillah’ akan memenuhi ruangan langit dan bumi, shalat adalah cahaya, dan sedekah itu merupakan bukti keimanan.”⠀(HR. Muslim)⠀

Baca Juga : Murah Hati di Bulan Suci Ramadhan

Kenapa shadaqah disebut sebagai bukti keimanan? Hal ini karena harta adalah perkara yang dicintai oleh jiwa kita. Berat bagi diri kita untuk melepaskannya. Sehingga ketika seseorang merelakan hartanya tersebut di jalan Allah, maka ini adalah bukti yang menunjukkan kecintaannya kepada Allah subhanahu wata’ala. 

Maka kita lihat sendiri, semakin tinggi keimanan seseorang, semakin banyak pula dia bershadaqah. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling tinggi keimanannya. Beliau tidak pernah tanggung-tanggung dalam bershadaqah. Pernah beliau menyedekahkan kambing beliau. Apakah satu ekor, atau dua ekor saja? Tidak. Beliau bershadaqah dengan satu lembah kambing.

Tentang hakikat kebaikan, Allah ungkap dalam salah satu firman-Nya,

“Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian infakkan apa yang kalian cintai.” (Surat  Ali Imran: 92)

Keutamaan Bersedekah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

  • “Sedekah dengan rahasia bisa memadamkan murka Allah.” (Shahih at-Targhib, 888)
  • “Sedekah bisa memadamkan dosa, sebagaimana air bisa memadamkan api.” (Shahih at-Targhib, 866)
  • “Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari Kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah as-Shahihah, 3484).
  • “Obati orang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (Shahih At-Targhib, 744).
  • “Setiap datang waktu pagi, ada dua malaikat yang turun dan keduanya berdoa. Malaikat pertama memohon kepada Allah, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang memberi nafkah’, sementara malaikat satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikan kehancuran bagi orang yang pelit.’ ”(HR. Bukhari dan Muslim).
  • “Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Sahabat dermawan mudahkan mengamalkannya? ⠀

Ayo sahabat, jangan ragu kita dalam beramal, salah satunya bersedekah apalagi sedekah di bulan penuh berkah pahala pasti bertambah⠀

Walau hari ini #DirumahAja semua kebaikan masih bisa kita lakukan⠀

English EN Indonesian ID
Scroll to Top