Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Dapat Melindungi Pelakunya Dari Siksa Kubur

Griya Yatim Dhuafa
Sedekah Dapat Melindungi Pelakunya Dari Siksa Kubur
                            Sedekah Dapat Melindungi Pelakunya Dari Siksa Kubur

Donasiberkah.id – Kak, sudahkah kita mempersiapkan bekal untuk di alam kubur?  Sebab, di alam kubur kelak, tidak akan ada yang menemani kita kecuali amalan yang kita lakukan di dunia ini. Salah satu amalan yang akan menyelamtkan kita dari siksa kubur yakni sedekah. Sungguh sedekah memiliki kehormatan agung yang berkaitan dengan  kematian . Inilah artikel tentang sedekah dapat melindungi pelakunya dari siksa kubur, yuk kita simak.

Kematian Akan Benar-Benar Terjadi

Sahabat, alam kubur itu benar adanya dan akan terjadi kepada manusia yang telah ditetapkan waktunya. Demikian juga dengan adanya siksa dan nikmat kubur. Maka azab serta nikmat akan menimpah kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Dengan sesuai amalan yang mereka perbuat semasa hidupnya  di dunia. Bahkan, siksaan menipa kepada seorang muslim, akibat perbuatan buruk yang mereka remehkan.

Baca Juga : Sedekah Memasukkan Pelakunya Ke Surga

Sebagaimana kisah pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, pada suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melintas kuburan, lalu Beliau bersabda, “Kedua penghuni kuburan ini ditimpah azab dan keduanya di azab bukan karena perbuatan dosa besar. Salah satu di antara keduanya di azab karena tidak menutup dirinya(dari orang lain) kencing, sedenaglkan orang yang kedua semasa hidupnya senang mengumbar fitnah  di mana-mana” (HR. Bukhari & Muslim).

Siksaan Yang Luar Biasa

Maka, kita tidak akan pernah sanggup untuk menanggung pedihnya azab di alam kubur. Oleh karenanya, hanya kepada Allah lah kita memohon perlindungan sehingga kita di jauhkan dari azab kubur tersebut. Dan salah satu yang Allah selamatkan dari azab tersebut adalah dengan rajin bersedekah dan menjalankan perintahnya dengan ikhlas.

Sedekah Dapat Melindungi Pelakunya Dari Siksa Kubur
Sedekah Dapat Melindungi Pelakunya Dari Siksa Kubur

Hendaklah kita bertakwa kepada Allah, dan berusaha mencari sebab yang dapat menyelamat kan kita dari siksaan kubur. Oleh karenanya, selagi Allah masih memberikan kesempatan hidup kepada kita. Maka hendaknya kita melakukan amalan kebaikan, terutama amalan sedekah. Sebab orang yang telah meninggal mereka merasa nyesel tidak melakukan amalan sedekah.

Menyelamatkan Diri Dengan Sedekah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada seorang di antara kamu, lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menunda kematianku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih” (QS. Al-Munafiqun : 10).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa di dalam shalatnya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-mu dari siksa kubur. Aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-masih ad-Dajjal. Dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian. Ya Allah aku berlindung kepada-mu dari dosa dan utang.”

Baca Juga : Sedekah Penambah Pahala dan Penghapus Dosa

Yuk Tunaikan Sedekah

Yuk Kak, bersegeralah kita untuk menunaikan sedekah, sebab kita tidak akan pernah tau kapan ajal menjemput kepada kita. Semoga dengan kita menunaikan sedekah, Allah memberi pelindungan dan pertolongan kelak di alam kubur dan di akhirat. Aamiin.

Donasi Sekarang Griya yatim
                    Donasi Sekarang Griya yatim
34 views