Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Di Bulan Ramadhan 

Sedekah Di Bulan Ramadhan

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat Allah sukai. Salah satu pintu yang Allah berikan untuk meraih pahala yang terbaik. Allah & Rasul-Nya menganjurkan kepada manusia untuk sedekahdi bulan Ramadhan. Anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang Allah janjikan sangat luar biasa.

Baca Juga : Sedekah Untuk Sahur & Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan  

Tidak AkanMengurangi Harta 

Sedekah adalah sumber kekayaan yang tidak akan pernah habis atau membuat seseorang menjadi miskin. Akan tetapi sebaliknya justru sedekah dapat menjadikan seseorang menjadi kaya. Oleh karena itu, banyak-banyaklah melakukan amalan sedekah baik dalam keadaan lapang maupun sempit, terutama di bulan Ramadhan.

Di bulan Ramadhan ini, kita dilatih untuk menjadi orang yang dermawan. Selain itu, kedermawanan juga merupakan salah satu sifat yang Allah miliki. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Memberi, Allah mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia. Dia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al-Baihaqi).

Sedekah Di Bulan Ramadhan

Sedekah yang paling afdhal adalah sedekah di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, umat Islam dianjurkan untuk berlomba-lomba melakukan amalan sedekah di bulan Ramadhan. Pelit dan kikir bukanlah sifat yang mencerminkan orang Muslim. Selain itu, Allah sangat menyukai orang yang suka memberi.

Sedekah Untuk Orang Yang Berpuasa

Selain itu, sedekah yang paling utama di bulan Ramadhan adalah sedekah memberi makan dan minum orang yang berpuasa. Oleh karena itu, berlomba-lombalah dalam kesempatan yang Allah berikan kepada kita, meski hanya dengan segelas air putih dan sebutir kurma. Sebab pahala orang yang memberi makan dan minum orang yang sedang berpuasa, sama seperti dengan orang yang berpuasa.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Imam Ahmad).

Baca Juga : Mulia Bersama Al-Qur’an, Dengan Sedekah Al-Qur’an 

Yuk Ambil Bagian Untuk Mereka Yang Membutuhkan 

Yuk Kak, gunakan harta kita di jalan Allah, dengan melakukan amalan sedekah untuk orang yang membutuhkan baik untuk berbuka puasa dan makan sahur mereka. Melalui link kebaikan di bawah ini: 

Donasi Sekarang Griya yatim
           Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top