Griya Yatim & Dhuafa

 Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah

Ahmad Ridwansyah
Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah
                                    Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah

Donasiberkah.id– Tahukah sahabat amalan yang paling ringan, namun balasannya sungguh luar biasa? Amalan yang paling ringan itu adalah Sedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang bersifat sosial. Tidak hanya berhubungan dengan Allah saja, namun kepada manusia. Sedekah pada umumnya, tidak harus bernilai tinggi.

Sedekah Ringan Pahala Yang Berlimpah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Katakanlah, sungguh Rabbku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa Dia kehendaki di antara hama-hamban-Nya. Dan siapa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.’ (QS. Saba : 39).

Baca Juga : Sedekah Adalah Harta Yang Sesungguhnya 

Harta dan adalah ke pemilikan mutlak yang berada di tangan Allah dan pengelolaannya berada di tangan manusia. Harta dan tidak menjamin seseorang untuk menjadi bahagia. Karena pada sejatinya harta ini adalah titipan, bahkan berupa ujian yang Allah berikan kepada kita. Ketika harta yang kita belanjakan untuk di jalan Allah (sedekah), kelak akan menjadi naungan di hari kiamat. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya” (HR. Ahmad).

Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah
   Sedekah Itu Ringan, Yuk Sedekah

Dari sahabat Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah para hamba berada di pagi hari, melainkan pada pagi itu terdapat dua malaikat yang turun. Salah satu dari mereka berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti kepada seseorang yang berinfak , sedang yang lain berkata, Ya Allah, berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya” (Muttafaun ‘alaihi).

Baca Juga : Sedekah Kunci Kebahagian Dunia & Akhirat

Sedekah tidak hanya dengan uang, ternyata sedekah dapat dilakukan dengan berbagai hal selain dengan materi. Sehingga sedekah dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Tidak hanya orang yang yang memiliki harta kekayaan, akan tetapi bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki apapun.

Sebagaimana yang di sabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Bahwa sedekah bukan hanya memberikan harta kepada orang yang membutuhkan. Tetapi sedekah bisa berupa senyuman, menyingkirkan duri, batu dari jalan yang dapat menghalangi orang lain dan sebagainya.

Baca juga : Allah Akan Melipat Gandakan Pahala Sedekah

Senyum Sedekah Yang Sangat Mudah

Senyum adalah sedekah yang paling mudah dan sangat ringan untuk dilakukan. Senyum sendiri merupakan suatu ekspresi positif yang membuat sejuk untuk dipandang. Karena dari ekspresi senyum itu, timbullah kebahagiaan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga : Sedekah Itu Bukti Ada Iman di Hati

Yuk Tunaikan Amalan Sedekah

Yuk kak, mari kita tunaikan amalan sedekah, sebab sedekah yang kita lakukan hari ini, akan menyelamat kan dan menjadi naungan di hari kiamat kelak.

44 views