Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Jariyah Al-Qur’an untuk Bekal Akhirat

Griya Yatim & Dhuafa & Kitabisa – Sedekah adalah salah satu ibadah yang dimuliakan Allah, Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).Dan sebaik-baik sedekah adalah yang tak pernah putus pahala sedekah tersebut hingga kita meninggal pun pahala tersebut masih terus  mengalir.Tahukah Sahabat? Sedekah apakah itu? Yaitu Sedekah Jariyah Al-Qur’an untuk Bekal Akhirat kelak.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Salah satu amalan kebaikan yang pahalanya terus terbawa kepada si mayyit sampai ke alam kuburnya adalah sedekah dan mewariskan (mewakafkan) mushaf Al-Qur’an” (HR. Bukhari).

Anak Yatim Tadarus Al-Qur'an

Sahabat Dermawan, Itulah kegiatan anak-anak yatim dhuafa Griya Yatim & Dhuafa dalam membaca, menghafal dan memperlajari AL-Qur’an. Sesuai dengan hadits di atas memberikan (bersedekah) Al-Qur’an kepada orang lain merupakan sebuah amalan yang sangat baik (amalan yang jariyah) karena insya Allah pahalanya akan terus mengalir atau tidak akan pernah putus meskipun seseorang yang memberikan Al-Quran tersebut sudah tiada.

Sahabat, setiap amalan-amalan yang kita lakukan semua akan terputus ketika kita telah melaksanakannya, misalnya pahala dari shalat akan terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa akan terputus setelah kita berbuka, Akan tetapi tidak dengan pahala sedekah Jariyah pahalanya akan terus mengalir meskipun sedkahnya sudah selesai kita lakukan Kak, dan tidak terputus sekalipun ketika pelakunya telah meninggal dunia.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam brsabda : “JIka seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara yaitu : Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang shaleh” (HR. Muslim).

Sedekah Al-Qur’an adalah Investasi akhirat terbaik

Sedekah Jariyah Al-Qur'an untuk Bekal Akhirat  

Sahabat Dermawan, setiap kebaikan dan juga keburukan yang kita lakukan di dunia ini akan di hisab di akhirat kelak. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat Zarrah, niscaya akan melihat (balasannya). Dan barang siapa mengerjaan kejahatan seberat Zarrah,niscaya dia akan melihat (balasannya)” (QS. Al-Zalzalah 7-8)

Dalam hal sedekah dan kematian Allah Ta’ala berfirman: “Wahai Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda [kematian]ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah…” (QS. Al-Munafiqun : 10). Para Ulama menyebutkan, tidaklah seorang mayit menyebutkan “sedekah” kecuali karena dia melihat besarnya pahala dan imbas baiknya setelah dia meninggal…

Sedekah Jariyah Al-quran

Itulah pentingnya kenapa kita diharuskan untuk bersedekah, terutama bersedekah dengan menyumbang kan Al-Qur’an untuk para saudara-saudara kita. Selain nilai sedekahnya yang begitu besar, Anda juga akan memperoleh pahala dan do’a dari saudara-saudara yang terus mengalir meski Anda telah meninggal kan dunia.

Yuk Kak, kita sisihkan sebagian harta kita untuk mereka yang membutuhkan. Semoga harta yang sahabat berikan bernilai pahala, dan semoga akan terus mengalir meskipun kita sudah tiada. Aamiin. Kakak bisa ikut program Sedekah Jariyah Al-Qur’an untuk Bekal Akhirat dengan cara klik tombol donasi dibawah ini ya.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top