Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Kunci Kebahagian Dunia & Akhirat

Sedekah Kunci kebahagiaan Dunia & Akhirat
                      Sedekah Kunci kebahagiaan Dunia & Akhirat

Donasiberkah.id – Setiap manusia, pastinya tidak ingin merasakan sengsara dan kesengsaraan. Semua ingin merasakan dan memperoleh kesenangan, kebahagiaan baik secara lahir maupun secara batin. Nah semua itu ada tips dan cara untuk merasakan kebahagian, bahkan bukan hanya kebahagiaan di dunia saja, akan tetapi sampai ke akhirat. Ternyata sedekah adalah kunci dari kebahagiaan di dunia & di akhirat. Inilah artikel tentang sedekah kunci kebahagiaan dunia & akhirat, yuk kita simak.

 Memberikan Kebahagiaan Tersendiri

Ternyata sedekah membuat orang berbahagia. Orang yang memberi sedekah terbukti lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak memberikan sedekah. Menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan ternyata lebih membuat orang berbahagia dibandingkan dengan memanfaatkan uang untuk dipakai sendiri.

Baca juga : Allah Akan Melipat Gandakan Pahala Sedekah

Semakin Banyak Harta Yang di Keluarkan, Semakin Bahagia

Kak, orang yang memberikan sedekahnya kepada banyak orang dapat merasakan kebahagiaan tersendiri, apalagi dengan jumlah yang lebih banyak. Ternyata suasana yang menyenangkan membuat orang menjadi bahagia dan lebih dermawan. Dampak dari sedekah yang diberikan, hal tersebut bisa memberikan dampak yang baik bagi dirinya dan orang lain.

Amalan Yang Allah Cintai

Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat disenangi oleh Allah Ta’ala. Bahkan, dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan sedekah bisa menjaga diri dari api neraka.

Sedekah Kunci kebahagiaan Dunia & Akhirat
Sedekah Kunci kebahagiaan Dunia & Akhirat

“Jaga lah diri kali dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barang siapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkan lah perkataan yang baik.”

Syukur Seorang Hamba Dengan Menunaikan Sedekah 

Bersedekah juga dapat meningkat kan rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala, baik ketika mendapatkan sebuah kenikmatan ataupun dalam sedang diberikan sebuah ujian. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat” (QS. Ibrahim : 7).

Perasaan syukur tersebutlah yang menyebabkan seseorang dapat merasakan kebahagiaan yang luar biasa dan memberikan dampak bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana yang dikatakan Barbara Fredrickson, seorang pionir dalam sebuah penelitian tentang kebahagiaan. Bahwa ia menyatakan dengan penuh rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan dan membuat hubungan sosial menjadi lebih erat.

Baca Juga : Rajin Bersedekah Hidup Jadi Berkah

Yuk Tunaikan Sedekah

Kak, ingin meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, maka hendaknya kita menyisihkan sebagian harta kita, untuk di sedekah kepada mereka yang membutuhkan. Semoga kita termasuk orang yang mendapatkan kebahagian di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top