Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Memayungi Pelakunya Di Hari Kiamat

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, setiap orang hendaknya memikirkan akan nasibnya kelak di hari kebangkitan. Sebab pada hari itu semua manusia bakal di bangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar, pada saat itu mereka akan berbaris menunggu panggilan yang akan mengadili semua amal perbuatannya. Dan ketahuilah pada saat itu matahari berada sangat dekat dengan kepala setiap orang. Maka ketika itu setiap orang sangat menginginkan agar bias bernaung agar dapat terhindar dari panasnya matahari. Nah Kak, ketahuilah ada sebuah amalan yang dapat Memayungi dari sengatan matahari yakni Sedekah Memayungi Pelakunya Di Hari Kiamat.

Untuk melindungi tubuh dari pancaran sinar matahari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan kabar baik kepada umatnya untuk mengamalkan amalan yang dapat menjadikan naungan dari panasnya matahari kelak. Nantinya, saat di Padang Mahsyar setiap manusia akan menunggu giliran untuk diadili dari timbangan amal baik dan buruknya. Bisa dibayangkan berapa lama manusia akan menunggu dan merasakan panasnya sengatan matahari yang sangat dekat dengan kepala. 

Sedekah Memayungi Pelakunya Di Hari Kiamat

Sahabat, setiap orang yang dapat naungan di hari kiamat tergantung dengan kebiasaannya mengeluarkan sedekah ketika kehidupannya di dunia. Di dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad).

Sebagaimana Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam bersabda : “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari Kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: ”Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR Al-Baihaqi – Al-Hakim – Ibnu Khuzaimah).

Sedekah Memayungi Pelakunya di hari Kiamat
                             Sedekah Memayungi Pelakunya di hari Kiamat

Sahabat, maka dari itu kita hendaknya rajin-rajin bersedekah agar memperoleh naungan, di mana pada saat itu tidak ada naungan kecuali naungan Allah. Maka sangatlah beruntung orang yang selalu sibuk dengan dunianya akan tetapi ia tidak lewatkan harinya tanpa bersedekah, sebagai bentuk rasa syukur dan investasi untuk melindungi dirinya dari sengatan matahari yang sangat panas.

Yuk Kita Sedekah Untuk Bekal Akhirat

Ada banyak sekali manfaat dari sedekah, baik itu bagi si penerima maupun yang memberi. Sedekah menjadi amalan yang mampu menambah dari kekurangan yang dimiliki seseorang. Dengan sedekah pula dapat meringankan beban yang dimiliki seseorang.

Yuk Kak, kita laksanakan apa yang telah Nabi ajarkan yani sedekah agar kita dapat naungan dan perlindungan dari panasnya sengatan sinar matahari. Semoga Allah melindungi kita semua. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top