Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Menghapus Dosa

Ahmad Ridwansyah
Sedekah Menghapus Dosa
                                              Sedekah Menghapus Dosa

Donasiberkah.id – Kak, tahukah bahwa amalan sedekah dapat menghapus dosa? Sebagai manusia tentunya tak luput dari kesalahan dan perbuatan dosa. Tiap hari jika kita tafakuri banyak hal yang mungkin mengundang dosa, namun kita menganggapnya sebagai hal yang wajar atau biasa saja.

Jangan Meremehkan Dosa Kecil

Bahkan di antara kita masih banyak yang meremehkan dosa kecil, padahal tidak ada dosa kecil jika tidak bersegera untuk bertaubat, tidak ada dosa kecil jika senantiasa diperbuat. Karena Ar-Rahman dan Ar-RahimNya Allah, Allah menyediakan berbagai penawar dosa, salah satunya dengan bersedekah.

Baca Juga : Sedekah Kunci Kebahagian Dunia & Akhirat

Hapuslah Dosa Dengan Sedekah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan laksanakan shalat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus (sedekah atau amalan yg lainnya) kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)” (QS. Hud : 114).

Dan di dalam hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“ (HR. At-Tirmidzi).

Sedekah Menghapus Dosa
                 Sedekah Menghapus Dosa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku memerintah kan kalian untuk bersedekah, karena yang demikian itu (sedekah) seperti seseorang yang ditawan oleh musuh, dan mereka mengikat erat tangannya pada lehernya lalu mereka mendapatkannya untuk memenggal lehernya. Kemudian dia berkata ‘aku tebus perkara ini dari kalian dengan hartaku yang sedikit dan banyak’ hingga akhirnya dia menebus dirinya dari mereka” (HR. Tirmidzi).

Di dalam hadits tersebut, memberikan sebuah isyarat, bahwa pada dir kita terbelenggu oleh maksiat (dosa) yang sering kita perbuat. Bahwa malaikat akan siap menyeret dan melemparkan kita menuju nerakanya Allah. Maka dengan sedikitnya harta yang kita miliki, dengan segera kita tunaikan untuk disedekahkan dengan ikhlas dan berharap kepada Allah akan menghapus dosa-dosa yang mengikat diri kita.

 Harta Yang Sesungguhnya

Sedekah adalah harta yang sesungguhnya, dengan sedekah dapat menghapus dosa-dosa. Maka benarlah apa yang Rasulullah sabdakan. Pada hakikatnya harta kita yang sesungguhnya bukanlah harta yang kita tumpuk-tumpuk, harta yang kita bangga-banggakan. Melainkan sedekah yang kita keluarkan, yang kelak akan menjadi penyelamat di hari kiamat.

Baca Juga : Sedekah Itu Bukti Ada Iman di Hati

Yuk Tunaikan Sedekah 

Semoga sedekah yang dikeluarkan secara ikhlas, hanya mengharap kepada Allah akan menghapus dosa-dosa kita, mendatang kan keberkahan dan kebaikan bagi kita. Aamiin Yuk bersedekah melalui link kebaikan di bawah ini :

156 views