Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan

Griya Yatim Dhuafa
Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan
                      Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, sudahkah kita mempersiapkan amalan (bekal) untuk akhirat kelak? Maka sudah seharusnya kita mempersiapkan bekal-bekal untuk kehidupan yang abadi. Diantara amalan (bekal) itu, adalah menyiapkan amalan yang memberatkan timbangan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiada lah di rugikan seseorang sedikit pun, Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahalanya). Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (QS. Al-Anbiya : 47).

Baca Juga : Hadapi Ujian Dengan Sedekah

“Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan, maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, mereka orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.” (QS. Al-A’raf : 8-9).

Salah satu amalan yang akan memberatkan timbangan adalah amalan sedekah yang dilakukan secara kontinyu (terus menerus). Bagi orang yang memiliki kecenderungan terhadap suatu amal, ia akan melakukan amalan dengan terus menerus bahkan ia menikmatinya. Sehingga dengan amalan tersebut, Allah ridha terhadap kita.

Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan
Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan

Amalan Sedekah Yang Dicintai Allah 

Dari Aisyah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “…Dan amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang kontinyu (terus menerus) meskipun sedikit.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Pahala Sedekah Yang Akan Terus Berkembang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di hadits yang lain : “Barang siapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Royyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” Ketika mendengar hadits ini Abu Bakar pun bertanya, “Ayah dan ibuku sebagai penebus anda wahai Rasulullah, kesulitan apa lagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu. Mungkinkah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?” Maka beliau pun menjawab, “Iya ada. Dan aku berharap kamu termasuk golongan mereka.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Raih Tiket ke Surga Dengan Bersedekah

Yuk Tunaikan Sedekah Di Griya Yatim 

Maka, semua orang memiliki potensi amalan yang luar biasa, meskipun tidak akan sama pahala dan kekuatannya. Namun dari sekian banyak amalan yang sangat mudah adalah amalan sedekah. Apalagi dunia semakin canggih, Anda dapat menunaikan amalan sedekah dengan mengklik link kebaikan di bawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
      Donasi Sekarang Griya yatim
128 views