Griya Yatim & Dhuafa

Sedekah Tak Ada Artinya Tanpa Keikhlasan 

Griya Yatim Dhuafa
Sedekah Tak Ada Artinya Tanpa Keikhlasan
                             Sedekah Tak Ada Artinya Tanpa Keikhlasan

Donasiberkah.org – Sahabat Dermawan, pernahkah melakukan sesuatu dengan terpaksa, yang sebenarnya tidak ingin dilakukan padahal itu baik bagi kita. Walaupun kebaikan itu tidak langsung diperoleh balasannya di dunia karena mungkin Allah akan membalasnya di akhirat kelak. Salah satunya adalah sedekah, dimana ini adalah ibadah yang mulia. Karena islam mengajak dan mendorong bersedekah sebagai kasih sayang kepada orang-orang lemah dan membantu orang-orang fakir. Tak hanya itu juga, sedekah bisa menambah pahala. Inilah artikel tentang sedekah tak ada artinya tanpa keikhlasan, yuk kita simak artikelnya,

Baca Juga : Jangan Lupa Bersedekah Untuk Tabungan Akhirat

Sahabat, sedekah adalah salah satu cara yang Allah berikan untuk melipatgandakan harta yang dimiliki. Entah itu akan dilipatgandakan di dunia atau di akhirat. Allah berfirman : “perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 7 tangkai, pada setiap tangkai ada 100 biji. Allah melipatgandakan kepada siapa yang dia kehendaki dan Allah maha halus maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261) 

Kenapa Sedekah Harus Ikhlas?

Kak, menanamkan rasa ikhlas memang tidak mudah, beberapa orang sudah merasa sangat ikhlas saat bersedekah. Namun disisi lain masih ada tujuan-tujuan lain dari sedekah yang ia lakukan. Lantas, kalau sudah begini apakah kita sudah benar-benar ikhlas?

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda : “sesungguhnya Allah tak melihat bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat keikhlasan hatimu.” (HR. Muslim)

Ketika sedekah sedikit, namun dibarengi dengan hati ikhlas tanpa pamrih, imbalan, atau pujian dari manusia apalagi unsur riya’ di hati. Maka hal ini lebih baik daripada sedekah banyak namun diungkit dan diingat sepanjang waktu. Melakukan sedekah cukup hanya Allah yang tahu. Tanpa memberitahu orang lain bahwa kita telah bersedekah. 

Allah Akan Memberikan Naungan 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Ada 7 golongan manusia yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungannya…(dan disebutkan salah satu dari mereka)……..dan laki-laki yang bersedekah kemudian menyembunyikan sedekahnya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya .” (HR. Bukhari & Muslim).

Sedekah Tak Ada Artinya Tanpa Keikhlasan
   Sedekah Tak Ada Artinya Tanpa Keikhlasan

Melakukan sedekah dengan rasa yang benar-benar ikhlas cukuplah sulit, namun selama niat kita kuat dan baik, tidak ada lagi kesulitan tersebut. Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasulnya, maka ia akan mendapat pahala hijrah menuju Allah dan Rasulnya. Barangsiapa yang hijrah karena dunia yang ia ingin perolehnya atau karena wanita yang ia nikahi, maka ia mendapatkan apa yang ia niatkan.” (HR. Bukhari & Muslim).

Yuk Latih Diri Kita Untuk Ikhlas

Belajar untuk ikhlas dalam bersedekah memang tidak mudah. Banyak ujian dan tekanan batin, kadang bila kita tidak kuat iman. Contohnya saja bersedekah di waktu sempit, ketika uang di tangan hanya cukup untuk makan hari ini. Besok Belum tahu apakah akan ada rezeki yang dapat dimakan. Padahal sedekah di waktu itu lebih tinggi nilainya jika kita ikhlas karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dibandingkan sedekahnya orang kaya yang bergelimang harta. Sehingga ketika dia mengeluarkan sedekah seperti menjentikan ujung kelingkingnya saja, tidak mengurangi sedikitpun harta yang disimpan.

Baca Juga : Jangan Takut Untuk Bersedekah

Yuk Saatnya Tunaikan Sedekah 

Pada saat bersedekah, cukuplah Allah yang tahu kemudian lebih baik menyembunyikannya dan utama di hadapannya. Semoga keberkahan selalu menyertai kita, dan selalu ikhlas dalam bersedekah, mari bersama-sama kita tebar kebahagiaan melalui link kebaikan di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
                Donasi Sekarang Griya yatim
157 views