News

Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

Kak, salah satu sumber kebahagian, ketenangan, juga ketentraman hati dan diri adalah selalu berbagi kebahagiaan dan rezeki sesama. Berbagi Kebahagiaan dan rezeki tidak selalu dan selamanya harus besar, karena kakak bisa memulai dari hal yang kecil, tetapi besar manfaatnya bagi mereka yang membutuhkan.

Sedekah tidak perlu menunggu jadi kaya, berpangkat, ataupun  punya segala yang ia inginkan, terkadang kebanyakan orang ketika ia sudah di limpakah harta yang berlebih ia semakin lupa dengan hak yang harus di keluarkan.

Oleh karena itu kak, selagi Allah memberikan serta melapangkan rizki maka bersegeralah untuk berbagi walaupun hanya dari hal yang kecil, sebagaimana Allah berfirman: “Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.” (QS. Az-Zalzalah : 7).

Dan Allah juga akan melipat gandakan apa yang kakak keluarkan sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatkan gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 261). Banyak sekali loh kak manfaat dari sedekah, antara lain sebagai berikut.

Manfaat dari sedekah

Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

  1. Menghindari Dari Marabahaya

Kak, setiap keselamatan yang terjadi di dalam menjalani kehidupan ini tidak lepas atas izin Allah dan karuniaNya. Maka sudah sepatutnya kita sebagai makhluk yang di tolong Allah untuk selalu bersyukur dan melakukan ibadah dengan sebenar-benarnya. Salah satu amalan yang dicintai Allah yaitu sedekah.

Manfaat dari sedekah itu sendiri adalah menolak bala, menahan datangnya musibah, dan kejahatan, serta rezeki yang di lipat gandakan sebagaimana Rasulullah bersabda : “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan.” (HR. Thabrani). Dan Rasulullah menegaskan pentingnya sedekah dengan bersabda : “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat mendahului sedekah.” (HR. Thabrani)

Itulah di antara manfaat dari sedekah sebagaimana janji Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah : 245)

  1. Membuka Pintu Rezeki

Rezeki yang datang dari Allah bisa jadi tersendat di karenakan kita masih belum memberikan haknya kepada orang lain, sebagaimana Allah berfirman : “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. At-Talaq : 7). Sebagaimana pula Rasulullah bersabda : “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Baihaqi).

  1. Allah Akan Melipat Gandakan Harta Yang Kita Keluarkan 

Apapun harta yang kakak keluarkan untuk di jalan Allah maka Allah akan pasti menggantinya dan Dia, Allah yang Maha Pemberi rizki. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantinya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’ :39). Janji Allah  dalam Al-Qur’an : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS.Al-Baqarah : 245). Jika kakak suka memberi pada sejatinya, maka kita akan menerima hasilnya kelak di akhirat nantinya.

  1. Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Sebagaimana telah di ceritakan di dalam hadis Rasulullah bahwa di hari kiamat itu tiada naungan, dan pada saat itu manusia sama-sama  sibuk untuk mencari naungan (pertolongan). Dan keutamaan orang yang bersedekah adalah dia akan diberikan naungan dengan sedekahnya sebagaimana Rasulullah bersabda : “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad).

Baca Juga : Sedekah Yang Paling Utama

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan melalui sedekah, umat islam sangat dianjurkan untuk gemar bersedekah walaupun hanya sedikit kak. Yuk kita bersedekah untuk kebahagiaan anak-anak yatim dan dhuafa, bersama Laznas Griya Yatim & Dhuafa.

Share it on