News

Sedekah Yang Paling Utama

Dalam beribadah kepada Allah, kita harus lakukan dengan sebaik mungkin. Hal tersebut tentu saja suatu tuntutan seorang muslim untuk meningkatkan ketakwaan kita. Kita harus berusaha agar amalan yang kita lakukan menjadi amalan yang utama. Begitu pula dengan bersedekah. Kita harus menjadikan hal tersebut kita sebagai sedekah yang paling utama.

Sedekah yang paling utama itu seperti apa? Apakah dari jumlah uang yang kita sedekahkan? atau dengan keikhlasan yang tinggi?

Sedekah yang paling utama itu adalah sedekah yang terdapat kesungguhan kita untuk mencari kebaikan dengan hanya mengharapkan Allah. Yang mana dengan hal tersebut kita telah benar-benar berserah diri kepada Allah dan benar-benar sadar bahwa harta yang kita miliki adalah titipan dari Allah untuk kita di dunia ini.

Sedekah yang paling utama adalah sedekah yang tidak diketahui oleh orang lain. Hal ini juga mencegah kita dari sifat yang namanya riya dan sombong. Oleh karena itu, sedekah dengan cara sembunyi-sembunyi juga merupakan hal yang utama.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Zakat, Infaq dan Sedekah

Begitu pula Rasulullah bersabda : Dari tujuh golongan yang mendapatkan naungan dari Allah di hari kiamat adalah, “Seorang lelaki bersedekah, dia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan tangan kanannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, lebih utama kepada kerabat terlebih dahulu. Rasulullah juga bersabda : “Sedekah kepada orang miskin (bukan kerabat) Adalah sedekah (Hanya bernilai sedekah saja), Sedangkan sedekah kepada kerabat bernilai dua, yaitu (pahala) sedekah, dan (pahala) jalinan silaturahim”. (HR. Tirmidzi)

Lalu kapan tepatnya kita bersedekah agar sedekah kita menjadi sedekah yang paling utama? Sedekah yang paling utama adalah yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Di bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh dengan keutamaan. Berbeda dengan bulan-bulan yang lain, pada bulan ini segala macam amal saleh akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. 

Begitu pula bersedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan. Hal ini haruslah menjadi pendorong seorang muslim lebih dermawan di bulan yang mulia ini. Dan bersedekah, menjadi salah satu amal utama di bulan yang penuh yang kemuliaan ini.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Al-Tirmidzi). Berbuat baik, atau apa saja kebaikan yang kita lakukan, itu tidak terikat oleh waktu, kapan saja kita bisa melakukannya.

Namun Allah Subhanahu Wa ta,ala menjadikan waktu, hari dan bulan tertentu diberikan keistimewaan dan keutamaan, seperti hari Jumat dan bulan Ramadhan. Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana masih mewabahnya covid-19, namun tidak akan mengurangi keutamaan bulan ini, kita masih bisa mendapatan keutamaannya, termasuk keutamaan bersedekah

Share it on