Griya Yatim & Dhuafa

Selamatkan Diri Kita di Akhirat Dengan Berzakat

Donasiberkah.id – Manusia memiliki rasa senang dengan yang namanya harta, tak terkecuali, bagi Muslim sekalipun. Karena Allah telah menghadirkan rasa senang pada manusia terhadap harta, dalam semua bentuknya. Untuk itu Allah memerintahkan pada manusia untuk mencari harta dengan tujuan akhir. Dengan meraih kebahagiaan di akhirat kelak, salah satu nya yaitu dengan berzakat. Yuk kita Selamatkan Diri Kita di Akhirat Dengan Berzakat, maka simak artikel berikut ini ya:

Zakat Sarana Atas Ucapan Dua Kalimat Syahadat

Zakat berfungsi sebagai sarana mengapresiasi dua ucapan kalimat syahadat, memegang teguh tauhid, sekaligus bersaksi atas keesaan Allah Ta’ala. Maka dengan kata lain, apabila seseorang tidak berzakat, maka rusaklah bahkan batal syahadatnya.

Zakat Menjadi Alat Untuk Membersihkan Diri Dari Sifat Kikir

Kikir merupakan salah satu sifat yang dapat merusak dan membinasakan manusia. Dan, ketika kaum Muslimin selamat dari sifat kikir, sampailah mereka pada keberuntungan yang sesungguhnya. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : “Dan siapa saja yang dirinya terpelihara dari sifat kikir, mereka itulah orang-orang yang beruntung” (QS Al-Hasyr : 9).

Menurut Imam Ghazali, dengan kita menunaikan zakat, dapat membersih kan dan sekaligus mensucikan diri dari sifat kikir. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersih kan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. At-taubah : 103).

Baca Juga : Harta Adalah Racun, sedangkan Zakat Adalah Penawarnya

Membayar Zakat Adalah Ungkapan Rasa Syukur

Zakat merupakan salah atau ungkapan rasa syukur kita kepada Allah, atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Prinsipnya zakat adalah rukun Islam, di dalamnya terkandung banyak rahasia kebaikan, salah satunya dengan menunaikan zakat, dapat menolong seseorang di akhirat kelak. Sebagaimana yang diceritakan oleh sahabat.

Baca Juga : Zakat Sebagai Tanda Syukur

Dari Abu Ayyub Khalid bin Zaid al-Anshari, bahwasanya ada seseorang yang berkata: “Ya Rasulullah, beritahu kan kepadaku amalan yang dapat memasukkan ku ke Surga serta menjauhkan diriku dari Neraka” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah dan janganlah menyekutukan-NYA dengan sesuatu apa pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahim.”

Yuk Tunaikan Zakat

Yuk kak, jangan lupa untuk berzakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, dengan menunaikan cara kita untuk mempersiapkan bekal di akhirat, agar kita selamat di akhirat nanti. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top