Griya Yatim & Dhuafa

Semangat Dalam Murajaah Bersama Anak Asuh BSD 3

Ahmad Ridwansyah
Semangat Dalam Murajaah Bersama Anak Asuh BSD 3
                   Semangat Dalam Murajaah Bersama Anak Asuh BSD 3

Donasiberkah – Kak, salah satu kegiatan anak-anak asuh di asrama Griya Yatim & Dhuafa adalah menghafal Al-Qur’an. Dalam proses menghafal murojaah sangatlah penting agar kita tidak mudah lupa. Murojaah sendiri maknanya adalah mengulang dan mengingat kembali apa yang kita hafal. Saat ini adik kita sedang murojaah bersama sama. Inilah artikel semangat dalam murajaah bersama anak asuh bsd 3, yuk kita simak. 

Kegiatan Anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa

Kegiatan di asrama tidak lepas dengan membaca, mempelajari, menghafal dan juga murojaah ayat-ayat Allah. Sebab Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di asrama Griya Yatim dan Dhuafa. Serta petunjuk dan pedoman bagi kehidupan. 

Baca Juga : Anak Asuh kranggan Berkumpul Melantunkan Al-Qur’an

Saat ini adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa sedang murojaah bersama di halaman depan asrama. Kegiatan murojaah ini dilakukan setiap hari yang terbagi dari dua kegiatan. Kegiatan tersebut di antaranya murojaah ayat Alquran, dan murojaah hadits yang ada di dalam Buku Generasi Islam.

Menurut pemaparan Kepala Asrama BSD 3, kegiatan murojaah dilakukan di sore hari selepas mereka melakukan piket. Masing-masing kegiatan dalam satu pekan dibagi menjadi dua kegiatan. Pertama, sambung dia, anak-anak menghafal dan mengulang kembali hafalan Al-Qur’an mereka. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan menghafal dan murojaah hadits-hadits Rasulullah.

Semangat Dalam Murajaah Bersama Anak Asuh BSD 3
Semangat Dalam Murajaah Bersama Anak Asuh BSD 3

Kegiatan Murojaah Al-Quran Bersama Anak Asuh

Kegiatan murojaah ini, sambung Abi, untuk menguatkan hafalan baik ayat maupun Hadist anak asuh. Hal ini, dikarenakan setiap harinya anak asuh harus menghafal sejumlah ayat dan hadits. “Mungkin dalam menguatkan hafalan ayat dan hadits yang sebelumnya sudah dihafal,” tutur Abi Asrama.

Ia menambahkan, anak asuhnya harus tetap disiplin dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Selain itu, kegiatan murojaah ini bisa terus berlanjut agar anak asuh tetap disiplin. “Harapannya semoga ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits yang sudah dihafal tidak hilang begitu saja, akan tetapi tersimpan di dada mereka, sehingga mereka dapat mengamalkannya di dalam kehidupan mereka sehari-hari” tuntasnya.

Manfaat Murojaah Hafalan

Ketahuilah dengan menghafal dan murojaah Al-Qur’an dan hadits, sangatlah baik dan bagus bila diterapkan kepada anak usia dini. Sebab pada anak usia dini mereka mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam pembentukkan sel-sel yang berada di otak. Dan dalam mengingat (murojaah) Al-Qur’an dan Hadits merupakan sebuah usaha yang sangat efektif dalam menjaga daya ingat hafalan mereka.

Baca Juga : Semangat Dalam Menghafal Al-Qur’an Anak Asuh Cilegon 2

Yuk Bantu Hafidz Kecil

Yuk kak kita doakan agar mereka bisa menjadi hafizh-hafizh Qur’an di masa depan kelak. Terima kasih Kak, yang selalu merawat dan membahagiakan mereka. Yuk Kak, untuk mewujudkan cita-cita anak yatim dan dhuafa menjadi hafidz Qur’an yang baru, yuk kita dukung mereka dengan cara memfasilitasi kebutuhan hidup mereka. 

Asrama Yatim
                             Asrama Yatim
61 views